Ekowisata Sendang Silowo di Tuban Sepi Pengunjung Saat Ramadan

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Bulan Suci Ramadan 1444 H/ 2023 M, kunjungan terhadap Wisata Sendang Silowo yang berada di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mengalami penurunan, Sabtu (8/04/2023).

Wisata Sendang Silowo sendiri adalah sebuah destinasi wisata alam yang menyuguhkan kejernihan dari sumber mata air yang ada di sana. Selain itu, kita juga dapat menyusuri sungai yang memiliki air jernih menggunakan kayak, pemandangan di sisi kanan dan kiri sungai yang memperlihatkan rindang  pohon sagu seakan-akan membawa pengunjung ke sebuah hutan pedalaman.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Sendang Silowo Maliki mengungkapkan, Selama Ramadan ini kunjungan terhadap wisata sendang Silowo mengalami penurunan.

“Ramadan ini kami mengalami penurunan kunjungan mas,” ujar Maliki kepada blokTuban.com, Sabtu (8/04/2023).

Sebagai perbandingan di hari biasa sebelum Ramadan untuk satu hari di weekday, bisa mencapai 200 hingga 300 pengunjung. Sedangkan untuk weekend bisa mencapai 600 hingga 1.000 orang yang datang dalam satu hari.

Namun di bulan Ramadan ini pengunjung hanya mentok di puluhan orang saja, biasanya hanya terdapat 20 hingga 50 orang yang datang, dan mereka biasanya datang usai salat dhuhur sampai jam 15.00 Wib.

Maliki juga menambahkan, kendati mengalami penurunan yang cukup signifikan, wisata masih tetap buka seperti biasa dan untuk menjaga pelayanan wisata yang ada di Desa Mandirejo ini, pengelola wisata tetap bertugas secara bergantian setiap harinya. 

“Petugas wisata masuk seperti biasa namun 50 peresen saja dan bergantian,” imbuhnya.

Namun Kendati wisata ini sepi Maliki tak mempermasalahkan hal tersebut, dengan sepinya di bulan Ramadan ini pengelola wisata lebih memilih untuk memaksimalkan untuk meningkatkan beberapa fasilitas yang ada di Wisata Silowo.

Seperti membuat beberapa gazebo yang berlantai 2 untuk antisipasi lonjakan pengunjung saat liburan Idul fitri.

“Saat ini kita maksimalkan untuk merenovasi beberapa infrastruktur yang ada,” tambahnya.

Sebagai tambahan untuk datang ke lokasi wisata sembari ngabuburit rute menuju Wisata Sendang Silowo cukup mudah, pertama-tama kalian harus menuju Jalan KH. Fathurrahman Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, terus belok kiri masuk di jalan KH Masyhudi nantinya di sebelah kanan ada plakat arah Wisata Sendang Silowo belok  kanan dan ikuti jalan terus nantinya akan kita temui wisata yang asri ini.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS