Yuk Ikuti Festival Tongklek yang Diadakan Pemuda NU di Bangilan Tuban!

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Untuk memeriahkan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kecamatan Bangilan akan mengadakan festival tongklek.

Festival Tongklek ini sendiri mengambil tema lestari budaya jam'iyah pelajar, menjemput abad kedua menuju kejayaan Nahdlatul Ulama, festival kongklek ini sendiri akan diselenggarakan pada hari Senin malam Selasa tanggal 17 April 2023, untuk saat ini pendaftaran masih dibuka hingga hingga 14 April 2023.

Menurut ketua pelaksana Syaifudin, Festival Tongklek ini akan diadakan dan dibuka untuk seluruh tim tongklek yang ada di Kabupaten Tuban.

“Perlombaan ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tuban,” ujar Syaifudin kepada blokTuban.com, Sabtu (8/04/2023). 

Selain itu untuk ketentuannya dalam satu grup terdiri dari minimal 10 orang dan maksimal 20 orang dan lagu yang wajib ditampilkan Syubanul Wathon dan Joko Tingkir.  HTM untuk mengikuti festival tongklek ini sendiri sebesar Rp100.000.

Ketua pelaksana Syaifudin menambahkan, Terdapat beberapa syarat dan ketentuan dalam perlombaan ini, serta terdapat dua kategori dalam festival tongklek ini.

“kita ada dua kategori mas, dan memiliki ketentuannya masing-masing,” imbuhnya

Kategori pertama yaitu kategori Patrol, dengan syarat dan ketentuan minimal menggunakan 5 alat musik tongklek dari bambu, dan dapat membawa alat musik lain yang diperlukan namun tidak diperbolehkan membawa pengeras suara dan alat elektronik apapun.

Sedangkan untuk kategori tradisional minimal menggunakan 12 alat musik dongklek dari bambu dan tidak diperbolehkan membawa pengeras suara

Untuk hadiah yang diperebutkan sendiri ada total uang tunai jutaan rupiah. Serta ada beberapa hadiah lain seperti sertifikat dan trophy.

Jika kalian memiliki grub tongklek dan inin berpartisipasi, untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kontak person 081803488941.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS