Nuzulul Qur'an Diperingati pada 17 Ramadan, Turunnya Al'Quran Pertama Kali

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Nuzulul Qur'an menjadi salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadan. Tepatnya pada 17 Ramadan dimana pada waktu itu Al-Qur'an pertam akali diturunkan.

Peristiwa turunnya Alquran ini menjadi tonggak sejarah munculnya satu syariat ajaran agama baru yakni Islam sebagai penyempurnaan terhadap tauhid sebelumnya.

Peringatan Nuzulul Qur’an setiap 17 Ramadhan mengacu pada peristiwa turunnya wahyu pertama kepada Rasulullah berupa Al-Qur’an surat Al-’Alaq ayat 1-5 di Gua Hira.

Dikutip dari laman resmi NU, Syekh Ali As-Shabuni menyebutkan bahwa Alquran pertama kali diturunkan ketika Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira yang terletak 5 kilometer dari Mekkah. Kala itu Malaikat Jibril datang dan memeluk Rasulullah SAW sembari memberikan wahyu pada tanggal 17 Ramadhan. Saat itu Rasulullah berusia 40 tahun (sekitar 608-609 M).

Menyambut Nuzulul Qur'an ini beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan oleh umat Islam diantaranya:

- Memperbanyak doa dan sholat malam

- I'tikaf di masjid

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم]

Artinya: "Bahwa Nabi saw melakukan i'tikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan i'tikaf setelah beliau wafat." [HR. Muslim].

- Membaca Al-Qur'an

- Memperbanyak zikir

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS