Kapan Baca Qunut Sholat Witir pada Ramadan 2023? Ini Hukumnya

Oleh: Dwi Rahyau

blokTuba.com - Bacaan qunut pada sholat sunnah witir bagi umat Islam kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dilaksanakan setelah melaksanakan puasa separuh bulan. Lantas kapan membaca qunut saat sholat witir pada bulan Ramadan 2023 ini?

Doa qunut witir mulai dibaca pada malam ke-16. Dengan demikian, doa qunut witir dibaca sejak shalat tarawih pada Kamis, 6 April 2023 hingga malam terakhir jelang hari terakhir Ramadan, yang diperkirakan pada 20 April 2023.

Jumlah rakaat shalat tarawih kebanyakan yang dilaksankan setelah sholat isya' ini adalah 20 rakaat, ditutup dengan 3 rakaat witir. Formasi untuk menunaikan tarawih adalah 2 rakaat demi 2 rakaat, lantas ditutup witir yang dikerjakan 2 rakaat + 1 rakaat yang sebelum sujud terakhir membaca doa qunut. 

Baca juga:

 

Bacaan Doa Qunut Subuh, Lafal dan Artinya

Membaca doa qunut witir sudah berlangsung cukup lama sejak masa sahabat sampai sekarang. Dikutip dari NU Online, bahwa Ubay Ibn Ka’ab, Umar Ibn Khatab, dan beberapa sahabat lainnya membaca qunut di akhir shalat witir setelah separuh Ramadan. 

Sebab itu, Imam al-Nawawi dalam Al-Adzkar menjelaskan: 

ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل 

Artinya: Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat, disunnah qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS