Urai Kepadatan Jelang Berbuka Puasa di Jalan Sunan Kalijaga, ini yang Dilakukan Pemkab Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu, oleh umat muslim selama Bulan Ramadan. Tak heran, jika masyarakat bereuforia dengan berburu takjil untuk berbuka puasa.

Hal tersebut, tentu membuat kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya. Kondisi ini salah satunya terjadi di ruas Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Pasalnya, menjelang berbuka puasa, disepanjang jalan itu banyak pedagang yang menjajakan makanan ataupun minuman, sebagai menu untuk berbuka puasa.

Melihat kepadatan kendaraan di jalan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Lingkungkan Hidup dan Perhungan (DLHP) Kabupaten Tuban, melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan memberlakukan jalan satu arah bagi kendaraan roda empat.

Baca juga: 

Bazar Takjil di Desa Cendoro Tuban, Cocok Untuk Tempat Ngabuburit

“Terkait Jalan Sunan Kalijogo, saat Ramadan tahun ini kami berupaya mengurai kepadatan, dengan menerapkan rekayasa lalu lintas 1 jalur untuk roda empat dari arah Timur ke Barat,” papar Kepala Bidang Lalu Lintas DLHP Kabupaten Tuban, Yuli Imam Isdarmawan, Selasa (4/4/2023).

Adanya rekayasa lalu lintas ini sendiri, lanjutnya, untuk mengurangi penumpukan kendaraan di ruas Jalan Sunan Kalijogo karena adanya kegiatan pasar takjil selama Bulan Ramadan ini, yaitu mulai pukul 16.00 Wib hingga 18.00 Wib.

Disamping itu, Imam sapaan akrabnya juga mengaku telah menerjunkan juru parkir serta petugas di sepanjang Jalan Sunan Kalijogo, guna mengatur kendaraan-kendaraan yang parkir secara sembarangan.

baca juga: 

Makanan Khas Warga Tuban Ini Hanya Ada Saat Ramadan

“Juru parkir dan petugas juga kita terjunkan di lapangan mbak, di sepanjang  Jalan Sunan Kalijogo. Untuk memberikan himbauan kepada pengguna jalan untuk tidak parkir, atau berhenti sembarangan, saat ini ada sekitar 15 orang yang kita terjunkan,” jelasnya.

Dengan segala upaya yang dilakukan tersebut, maka diharapkan dapat mengurai kepadatan arus lalu lintas di wilayah tersebut. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS