Ratusan Kedaraan Plat Merah di Tuban Menunggak Pajak, Tagihan Capai Puluhan Juta

Reporter : Savira  Wahda Sofyana

blokTuban.com – Ratusan kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, tercatat belum taat dalam membayar pajak. Hal tersebut, dibuktikan dengan banyaknya kendaraan ber plat merah yang menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bahkan, total tagihannya mencapai puluhan juta rupiah.

Pengelola Data Pelayanan Perpajakan (PDPP) Samsat Tuban Dispenda Jawa Timur, Taslim mengungkapkan total keseluruhan kendaraan dinas milik Pemkab Tuban, yaitu mencapai 1.943 unit.

Di mana, dari jumlah tersebut terdapat 302 unit kendaraan yang belum melunasi pajak. Dengan perincian, 252 kendaraan roda dua dan 50 kendaraan roda empat, baik kendaraan yang habis masa berlaku plat nomornya ataupun pajak tahunannya.

“Sampai Tahun 2022 jumlah kendaraan roda dua jumlahnya 252 unit, untuk yang roda empat jumlahnya 50 unit,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/2/2023).

Baca Juga:

Legasi PLN Nusantarawa Power di Tuban: Rumah dan Lapangan Berbahan Limbah Faba

Dari 252 kendaraan roda dua yang belum membayar pajak tersebut, lanjutnya, seharusnya total pembayaran pajak sebesar Rp14.841.000. Sedangkan total pembayaran 50 unit kendaraan roda empat, yaitu Rp49.610.800.

Melihat banyaknya jumlah tunggakan tersebut, pria yang berdomisili di Kabupaten Gresik ini mengaku telah melakukan upaya, dengan memberikan surat pemberitahuan ke alamat wajib pajak pemilik kendaraan dinas Kabupaten Tuban.

“Kita tetap memberikan surat pemberitahuan, bahwa punya plat merah sekian yang menunggak, roda dua sekian dan roda empat sekian. Kalau untuk sanksi kaitannya berupa sanksi administratif saat bayar pajak,” katanya.

Baca Juga:

Menikah dengan Warga Tuban Bule Asal Australia Ikuti Bimbingan Perkawinan

Lebih lanjut, dengan kondisi ini Taslim berharap agar tunggakan pajak ini dapat segera terselesaikan. Di samping itu, ia juga berharap agar pejabat pemerintahan ataupun kendaraan plat merah, dapat menjadi contoh masyarakat dengan taat pajak.

“Kalau bisa kita memberikan contoh, baik kendaraan pribadi pegawai maupun plat merah, karena pasti menjadi sorotan juga,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS