Napak Tilas Pesanggrahan Bupati  Tuban Pertama di Tengah Pemandian Bektiharjo

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Pemandian Bektiharjo yang berada di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban,  ternyata dulunya adalah tempat Pesanggrahan atau tempat peristirahatan Adipati Dandang Watjono (Bupati Tuban pertama).

Menurut Juru kunci Pemandian Bektiharjo Hartono (70), dulu ketika siang hari Adipati Dandang Watjono  akan datang ke lokasi Pemandian Bektiharjo untuk beristirahat.

“Dulu kalau siang hari Adipati Dandang Watjono, akan beristirahat ke area pemandian Bektiharjo,” ujar Hartono kepada blokTuban.com, Rabu (29/03/2023).

Adipati Dandang Watjono menurut Hartono saat itu masih menempati istana atau pusat pemerintahan di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dan memang sengaja membuat Pesanggrahan di Desa Bektiharjo yang lokasinya tak jauh dari Desa Prunggahan Kulon.

Namun saat ini lokasi Pesanggrahan bupati pertama Tuban ini, sudah tidak ada dan hanya menyisakan dua kolam yang saat ini sudah di renovasi oleh pengelola sebagai objek pariwisata.

“Sudah tidak ada peninggalannya mas, mungkin kolam itu saja yang masih ada,” tambahnya.

Sebagai tempat istirahat raja disini juga di kasih sebuah fasilitas, tempat pemandian berupa kolam. Untuk kolam yang berada di sebelah timur dan sudah dipasangi keramik dulunya merupakan pemandian untuk laki-laki, sedangkan pemandian sebelah utara yang ada batu perahunya dulunya digunakan sebagai pemandian para wanita.

“Dulu zaman bupati pertama ketika ia beristirahat siang hari biasanya huga akan mandi di kolam yang ada di sini, serta untuk pemandian laki-laki dan perempuan di bedakan,” imbuhnya.

Untuk datang ke lokasi pemandian, pun cukup mudah jika dari arah Widang sesampainya di Jalan Ring Road kalian tinggal belok ke kiri lurus sampai sekitar 5 kilometer an nantinya akan kalian temukan perampatan lampu merah nanti belok kiri lagi sekitar 3 kilometer akan kalian temui Pemandian Bektiharjo.

Sedangkan jika kalian dari arah Tuban Kota bisa lewat Jalan Hayam Wuruk, lurus terus sesampainya di perempatan masih lurus terus nantinya akan di temui tembok bertuliskan Pemandian Bektiharjo.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS