Ini Jadwal Kegiatan di Masjid Agung Tuban Selama Ramadhan 2023

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga banyak umat muslim yang berlomba-lomba dalam mencari keberkahan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengisi Ramdhan 1444 Hijriah  dengan kebaikan.

Salah satunya dengan mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di lingkungan sekitar. Pasalnya, terdapat beberapa pihak yang  telah menyiapkan berbagai agenda dalam mengisi Bulan Ramadhan, termasuk Masjid Agung Tuban yang telah menjadwalkan berbagai kegiatan, pada Ramadhan tahun ini.

Petugas Sekretariat Masjid Agung Tuban, Uswandi mengatakan bahwa pada Bulan Ramdhan tahun ini, pihaknya telah menyiapkan berbagai kegiatan keagamaan, dari awal hingga akhir Bulan Ramadhan 2023.

“Ada banyak kegiatannya, yang pertama pengajian menjelang berbuka,” ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang sekretariat Masjid Agung Tuban, Selasa (28/3/2023). 

Menurutnya, kegiatan pengajian menjelang berbuka tersebut, akan dilakukan oleh pihaknya dengan  rentang waktu antara 45 hingga 60 menit, dengan tiga ustadz yang dijadwalkan akan bergantian.

Selain  itu, pihaknya juga memberikan takjil gratis kepada masyarakat yang berjamaah di tempat tersebut, dengan jumlah 400 porsi per harinnya.

“Selain pengajian mejelang berbuka itu, juga  ada kultum (kuliah tujuh menit) tapi itu tidak kita  lakukan setiap hari, hanya hari Kamis dan Ahad saja,” jelasnya.

Tak hanya itu, pada malam-malam terakhir Bulan Ramadhan, pengurus Masjid Agung Tuban,juga akan menggelar munajat malam bersama. Dalam hal ini, biasanya dilakukan pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan.

Bahkan, pria asal Kelurahan Kingking ini mengaku jika jamaah yang hadir dalam kegiatan tersebut, biasanya mencapai  1000 orang.

“Itu  kegiatannya hanya lima hari, Karena dilakukan  sepuluh hari terakhir tapi diambil pada malam-malam ganjil saja, mulainya jam 12  malam  biasanya,”  katanya.

Lebih lanjut, selain sejumlah kegiatan di atas, masjid yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban ini, juga menggelar shalat tarawih bersama setiap  harinya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS