Minggu Pertama Ramadan 1444 H, Wisata Religi Masjid Perut Bumi Tuban Sepi Pengunjung

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Masjid Aschabul Kahfi perut bumi Al Maghribi merupakan masjid yang unik dan berbeda dengan masjid pada umumnya. Pasalnya masjid ini hanya terlihat bagian gerbangnya saja, sedangkan untuk bangunan masjid berada di dalam gua bawah tanah.

Sehingga untuk beribadah di masjid ini, pengunjung harus turun ke dalam gua terlebih dahulu sebelum menemui ruang ibadah utamanya.

Karena keunikannya, Masjid Aschabul Kahfi perut bumi Al Maghribi ini sering kali menjadi Destinasi Wisata Religi di Tuban yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan luar kota. Adapun lokasi Masjid perut bumi ini berada di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan, suasana Wisata Religi Masjid Aschabul Kahfi perut bumi semenjak awal Puasa Ramdan 1444 H saat ini terlihat sepi pengunjung dan berbeda dari hari biasanya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, Selasa (28/3/2023).

Salah satu petugas kebersihan bernama Tawan menuturukan, suasana Masjid Aschabul Kahfi perut bumi pada Minggu pertama Puasa Ramdhan sepi pengunjung.

“Kalau awal puasa sekarang sepi, karena kebanyakan pada puasa jadi gaada yang berpergian dan kebanyakan pada di rumah saja. Jadi sudah lima hari ini sepi, kalau puasa memang sepi,” Ujarnya. 

“Biasanya ramai kalo hari-hari biasa, banyak wisatawan dari luar kota yang berkunjung di sini. Kalo sekarang itu hanya 1 kadang 2 orang saja itu warga lokal yang lewat terus mampir sholat” Imbuhnya. 

Selain itu, terlihat para pedagang Wisata Masjid perut bumi yang biasanya berjejer di sekitar masjid saat ini tutup total.

Kendati demikian, menurut petugas kebersihan suasana Masjid perut bumi akan kembali ramai setelah bulan puasa atau pada saat lebaran hari raya idul Fitri.

“Ya biasanya kembali ramai itu pas hari raya kupat sudah mulai ramai,” tutupnya sembari menyapu halaman masjid. [Lia/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban.