Begini Siasat Pembuat Ampo Tuban di Musim Penghujan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bagi pembuat jajanan tradisional Ampo khas Kabupaten Tuban, musim hujan merupakan hambatan utama dalam proses produksinya. Pasalnya, bahan dasar dalam pembuatan Ampo adalah tanah liat.

Oleh sebab itu, jika musim penghujan datang, tanah liat yang biasanya dengan mudah didapatkan menjadi sulit, lantaran terendam oleh air hujan, bahkan hingga berhari-hari. Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Sarpi, generasi kelima pembuat Ampo.

Menurutnya, apabila musim penghujan tiba, maka biasanya ia mensiasatinya dengan mengumpulkan tanah liat khusus, yang didapatkannya dari sawah sebelum hujan tiba. Sehingga pada saat hujan datang, maka ia sudah memiliki banyak persediaan tanah untuk membuat Ampo.

“Kalau musim hujan itu ngambilnya sulit, jadi sebelum hujan biasanya sudah ambil tanah yang banyak ditaruh di rumah. Terus nanti dipakai sediki-sedikit, jadi kalau musim kemarau ngambilnya banyak,” paparnya kepada blokTuban.com saat ditemui di rumah produksinya, Minggu (25/12/2022).

Di samping itu, pada saat musim hujan, pembuatan Ampo juga membutuhkan waktu lebih panjang dari biasanya. Karena dalam tahap pengeringan masih menggunakan cara manual, sehingga saat hujan turun proses pengeringan menjadi lebih lama. 

Baca juga:

Bukan dari Tanah Liat Sembarangan, Begini Cara Pembuatan Ampo Khas Tuban

Kendati jajanan Ampo ini sendiri terbuat dari tanah liat, namun Sarpik mengaku jika peminat dari makanan ini cukup banyak, baik di Kabupaten Tuban maupun di luar kabupaten. Pasalnya, Ampo memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, tak jarang masyarakat dari luar Tuban yang memesan Ampo, hanya sekedar penasaran dan mecicipi rasa dari makanan yang menyerupai astor tersebut. Terlebih, beberapa waktu lalu Ampo sempat viral di Tik-tok.

“Alhamdulillah peminatnya sampai sekarang masih banyak, di Tuban dan luar Tuban karena dijual online juga,  alhamdulillah kok lancar. Satu kilonya dijual Rp10 ribu,” sambungnya.

Lebih lanjut, perempuan ramah ini juga menambahkan jika Ampo tidak memiliki masa kadaluarsa. Pasalnya, dalam proses pembuatannya, tidak menggunakan bahan campuran sama sekali, alias murni terbuat dari tanah liat yang dikeringkan menggunakan asap. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS