Sobat Bumi Pertamina Foundation Unang Tuban Pungut Sampah dan Tanam Bakau

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Dalam rangka hari ulang tahun Pertamina ke-65, Sobat Bumi Pertamina Foundation Universitas Sunan Bonang (Unang) Tuban menggelar aksi pungut sampah dan tanam bakau di Mangrove Center Tuban, Sabtu (10/12).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa serta berbagai elemen yang terlibat didalaminya berjalan dengan begitu antusias. Kegiatan diawali dengan melakukan pembersihan sampah yang ada di sekitar pantai dan lingkungnan Mangrov center dan di lanjut dengan menanam 200 pohon bakau.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 75 orang dan kami juga melakukan bersih pantai serta tanam 200 pohon bakau di sepanjang muara sungai,” ucap Sulistiani Eka Lestari, Rektor Universitas Sunan Bonang Tuban kepada blokTuban.com.

Menurut Sulistiani, kegian ini memiliki tujuan agar bumi ini lestari serta dengan adanya penanaman pohon bakau di pinggir hilir sungai, nantinya tidak terjadi longsor atau abrasi di tepian sungai.

Baca berita terkait:

Kunjungi Tuban, Satpol PP Probolinggo Sharing Pengelolaan Cukai TemBakau

Setelah satu minggu para mahasiswa akan ditugasi untuk mengecek hasil tanamnya, dari penanaman pohon ini apakah pohon bisa hidup dengan baik atau tidak.

Sedangakan Ali Mansur, Pendiri Mangrove Center mengapresiasi aksi Sobat Bumi dari Unang. Sebab, banyak sekali komunitas atau lembaga yang sudah mulai perduli dengan lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi karena ada yang peduli dengan lingkungan dan sepanjang cara menanamnya benar dan di lokasi yang tepat kami sangat mendukung,” sambungnya.

Menurut Ali sapaan akrabnya, bahwa pohon yan di tanam memiliki tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen untuk hidup. Diharapkan semakin banyak komunitas yang peduli dengan alam sekitar. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS