Unik, Pilkades di Sumberagung Tuban Pakai Gudang Bekas Penggilingan Padi Jadi TPS

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Umumnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditempatkan di sebuah lokasi setrategis, seperti halaman rumah atau balai dusun. Berbeda dengan di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban justru TPS Pilkades serentak 2022 ditempatkan di bekas gudang penggilingan padi. 

Adapun TPS ini merupakan TPS 1 yang berada Desa Sumberagung, Plumpang. Menurut Mustarom (60) pemilik bekas gudang penggilingan padi, bahwa bilang untuk daerah Dusun Tawangrejo Desa Sumberagung tidak ada tempat yang pas untuk di jadikan TPS dan meminta izin kepadanya.

“Kemarin Pak RT izin saya untuk menjadikan gudang menjadi sebuah TPS,” ucap Mustarom kepada blokTuban.com, Kamis (27/10/2022). 

Pemilihan gudang bekas penggilingan padi, karena dinilai luas dan aman ketika turun hujan sewaktu-waktu. Mustarom memaparkan bahwa gudang penggilingan padi ini sudah tidak difungsikan lagi dikarenakan terdampak dari kondisi pandemi corona dua tahun silam.

Baca Juga :

Pilkades Tuban Serentak 2022, Panitia Sediakan TPS Lebih Banyak

Warga Luar Desa Dilarang Masuk Desa Sumber Merakurak, Ada Apa?

47 Desa di Tuban Gelar Pilkades Serentak Hari Ini, 1.500 Personil Keamanan Diterjunkan

Sedangkan Joko Warno (58) selaku pemilih di TPS ini mengatakan walaupun bekas gudang tapi sangat enak karena lokasi sudah beratap dan juga luas baik parkirkannya ataupun lokasi di dalam TPS.

Dari data yang blokTuban.com himpun dari ketua TPS 1 ini, di lokasi ini terdapat 339 Daftar pemilih  tetap dan terdapat 281 orang yang memilih.

“Kemungkinan orang yang tidak memilih dikarenakan bekerja dan tidak dapat ditinggal,” ucap Ruhadik (31) ketua TPS 1.

Dalam proses pencoblosan sampai perhitungan suara di lokasi ini sangat damai dan tentram tidak ada kericuhan ataupun gesekan. Para penonton yang melihat perhitungan juga tertib.

Dari hasil perhitungan suara Antono mendapatkan 146 suara, Suparman 5 suara, Sunarto 116 suara, Abdulloh afifil 7 suara, dan Sumiatun 2 suara. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS