47 Desa di Tuban Gelar Pilkades Serentak Hari Ini, 1.500 Personil Keamanan Diterjunkan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban berlangsung hari ini, Kamis (27/10/2022). Dari data Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (Dinson P3A PDM) Kabupaten Tuban Pilkades tersebar di 17 Kecamatan dari jumlah total 20 kecamatan yang ada.

Sementara itu, dari 311 desa, terdapat 47 desa yang menggelar pilkades. Sedangkan Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan berebut simpati warganya untuk mengantarkan ke pringgitan sebanyak 119 calon.

Kepala Dinsos P3A PDM, Eko Julianto mengkalim, beberapa desa yang awalnya rawan konflik, saat ini sudah kondusif. Sebab, pihaknya telah melakukan pemetaan dengan melibatkan aparat terkait.

"Mohon doanya supaya Pilkades berjalan lancar dan kondusif," ujar mantan Kepala Bagian Kesra (Kabag Kesra) Setda Tuban tersebut.

Baca Juga :

1.500 Personil Akan Amankan Pilkades, Tuban Dapat Backup dari Polda Jatim

BKK Pilkades Tuban Terbesar di Kecamatan Rengel, Nilainya Rp157 Juta Lebih

- KNPI Tuban Berharap Pilkades Berjalan dengan Aman dan Kondusif

Data lain menyebutkan, untuk tetap menjaga Pilkades 2022 ini tetap kondusif, telah disiagakan sebanyak 1500 personil keamanan. Personil pengamanan yang dipersiapkan terdiri dari berbagai elemen seperti TNI, Polri, Satpol PP, dan Linmas.

“Untuk mempersiapkan Pilkades besok di 47 desa nantinya ada 1500 personil yang akan disiapkan,” imbuh Bupati Tuban, Aditya Halindra.

Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya juga menyampaiakan untuk daerah-daerah yang memiliki potensi mengalami kericuhan, nantinya akan ada penambahan personil di area tersebut. 

Bahkan, Polres Tuban juga akan tetap memantau situasi daerah tersebut, dengan melakuakan patroli sekala besar.

“Untuk daerah yang memiliki potensi kerawan, kami akan tambah personil,” katanya. [rof/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS