BKK Pilkades Tuban Terbesar di Kecamatan Rengel, Nilainya Rp157 Juta Lebih

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dua hari lagi pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Tuban akan diselenggarakan tepatnya pada Kamis (27/10/2022).Pemerintah Kabupaten Tuban telah menganggarkan Rp4 miliar, dari APBD yang sifatnya Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-P3APMD) Tuban Suhut, mengatakan, anggaran BKK terbanyak dari Desa/Kecamatan Rengel sebesar Rp. 157.970.868.

Kecamatan Rengel memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 6.479 dan terdapat 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Rata-rata anggaran BKK setiap desa yang menggelar Pilkades kisaran Rp83.000.000.

“Anggaran BKK terbanyak ada di Rengel dan rata-rata desa lain cuma 83.000.000,” ujar Suhut kepada blokTuban.com, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga :

KNPI Tuban Berharap Pilkades Berjalan dengan Aman dan Kondusif

Pilkades Serentak 2022 di Tuban Dianggarkan Rp4 Miliar dari APBD

119 Cakades Tuban Ikrar Damai Pilkades, Pemkab Petakan Beberapa Desa Rawan Konflik

Menurutnya, anggaran APBD dapat digunakan dalam pemungutan dan perhitungan suara seperti, untuk surat suara, untuk undangan, dan pembuatan TPS. Dalam hal ini setiap desa akan berbeda-beda pengeluarannya tergantung jumlah TPS dan juga DPT setiap desa tersebut. 

Sedangkan APBDES, kata Suhut dapat digunakan untuk makan dan minum beserta keamanan (Linmas). Keamanan sendiri dalam APBD dapat dianggarkan satu orang linmas untuk menjaga 1 TPS. Sedangkan untuk APBDES anggaran linmas diperbolehkan ditambah 2 atau 3 tergantung kemampuan keuangan dan kemampuan personil linmas di desa tersebut.

“Untuk linmas APBD menganggarkan satu orang sedangkan untuk APBDES tergantung desanaya tidak ada batasan maksimal, akan tetapi dilihat juga tingkat kerawanan desa atau TPS tersebut,” ujarnya.

Disinggung soal daerah yang berpotensi memanas, Suhut mengatakan untuk saat ini masih dalam kondisi aman-aman saja. Pada Pilkades Tuban 2022 akan di selenggarakan di 47 Desa dengan total 310 TPS. Di mana setiap TPSnya hanya di batasi 500 orang pemilih. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS