119 Cakades Tuban Ikrar Damai Pilkades, Pemkab Petakan Beberapa Desa Rawan Konflik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 119 Calon Kepala Desa (Cakades) di 47 Desa dari 17 Kecamatan melakukan Ikrar Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Tuban tahun 2022, Jumat (14/10/2022). 

Ikrar tersebut berlangsung di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Ikrar Damai Cakades disaksikan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Wabup Tuban, Riyadi, Forkopimda Tuban, Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, dan Camat serta Forkopimka Se-kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Desa dan Masyarakat Kabupaten Tuban, Eko Julianto, menyebutkan pelaksanaan Pilkades Serentak rencananya akan digelar pada 27 Oktober mendatang. Sarana dan prasarana pendukung juga telah disiapkan agar pelaksanaannya berjalan lancar dan damai. Logistik Pilkades akan siap pada 18 Oktober. 

"Secara umum semua persiapan telah dilaksanakan," katanya.

Eko Julianto menambahkan pihaknya bekerjasama dengan aparat keamanan guna memastikan pelaksanaan Pilkades berlangsung secara transparan dan demokratis, mulai dari proses distribusi logistik hingga penetapan. 

Baca juga :

Pilkades Serentak Tuban Sebentar Lagi, Para Cakades akan melakukan Kampanye

Sempat Kosong, Akhirnya Desa Dawung Tuban Punya 3 Calon Kepala Desa

- Panitia Pilkades di Tuban Diminta Netral, Ketahuan Terlibat Politik Uang akan Disanksi

"Logistik akan diamankan di kecamatan dan akan didistribusikan ke desa pada H-1 tanggal pemungutan suara," ujar mantan Kabag Kesra Tuban itu.  

Tidak hanya itu, lanjut mantan Camat Semanding juga melakukan pemetaan terhadap desa yang memiliki potensi kerawanan terjadinya konflik. Beberapa desa yang awalnya rawan konflik, saat ini menurut Eko sudah kondusif. 

"Mohon doanya supaya Pilkades berjalan lancar dan kondusif," pinta mantan Camat Senori. 

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan pelaksanaan ikrar damai bertujuan untuk meminimalkan terjadinya potensi konflik. Langkah sebagai wujud komitmen penyelenggaraan Pilkades secara jujur, transparan, dan demokratis. 

"Harapannya, menjadi ajang kompetisi yang positif sehingga melahirkan Kepala Desa yang dibutuhkan warganya," ungkapnya.

Lindra berpesan Kades yang terpilih nantinya agar tidak menggelar pawai atau arak-arakan. Tidak hanya itu, Kades yang belum terpilih hendaknya agar tetap dirangkul dan diajak berdiskusi untuk menentukan arah kebijakan di desa.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban terus melakukan imbauan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkades secara damai dan kondusif. "Siapapun yang terpilih nantinya merupakan pemimpin yang amanah," jelasnya.

Bupati menekankan pemerintah desa senantiasa berkolaborasi dengan Pemkab Tuban. Sinergitas lintas sektoral akan mempercepat program pembangunan sehingga masyarakat merasakan manfaatnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS