Sempat Kosong, Akhirnya Desa Dawung Tuban Punya 3 Calon Kepala Desa

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Tak kurang dari 47 Desa di 17 Kecamatan di Kabupaten Tuban sudah siap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 27 Otober 2022 mendatang. Pada pendaftaran glombang pertama calon kepala Desa, masih ada beberapa desa yang belum memenuhi sarat melakuakan pemilihan kepala desa.

Tidak terpenuhinya sarat ini dikarenakan ada desa yang tidak memiliki calon, atau baru terdapat satu kandidat yang mendaftar sebagai kepala desa. Akibatnya dibukalah pendaftran gelombang kedua. Setelah melakukan pembukaan gelombang kedua para calon kepala desa ini mulai mendaftar.

“Alhamdulillah saat ini desa yang belum memenuhi syarat kemarin, sudah bisa melaksanakan pemilihan karena sudah ada para calon yang mendaftarkan diri,” ujar Kepala Bidang (Kabid) PMD Dinsos P3A serta PMD Tuban, Suhut kepada blokTuban.com, Selasa (20/09/2022).

Desa-desa yang belum memenuhi syarat itu, lanjut Suhut karena baru terdapat satu calon kepala desa antara lain Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar terdapat 2 calon, Desa Tobo, Kecamatan Merakurak terdapat 2 calon, Desa Sumberagung Kecamatan Plumpang terdapat 5 calon. 

Baca juga :

- Panitia Pilkades di Tuban Diminta Netral, Ketahuan Terlibat Politik Uang akan Disanksi

Hanya Diikuti Calon Tunggal, Kursi Kepala Desa di Tuban Ini Terancam Diisi PJ Usulan Camat

Undian Nomor Urut, Danramil Soko Tuban Dorong Cakades Kampanye di Sosmed

Sedangkan Desa Dawung, Kecamatan Palang yang awalnya tidak ada calon yang mendaftar saat ini terdapat 3 calon kepala desa. Khusus di Desa Dawung sendiri, fenomena seperti baru terjadi pada pilihan kali ini.  

“Fenomena seperti ini baru terjadi saat ini, setahu saya dulu tidak pernah seperti ini,” ucap panitia pemilihan Kepala Desa Dawung, Agus Eko Saifuddin (30) terpisah.

Untuk penyebab para calon ini tidak melakukan pendaftaran, menurut Saifuddin dipengaruhi banyak faktor mempengaruhi. Saat ini terdapat 3 calon kandidat yang akan merebutkan posisi kepala desa di Dawung.

"Yakni kepala desa saat ini incumben Karsilan, Subakir yang juga merupakan perangkat Desa serta yang terakhir ialah seorang perempuan yang bernama Eli Eva Diana. Nantinya pada tanggal 6 Oktober akan dilakukan penetapan calon kepala desa," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS