Pilkades Tuban Serentak 2022, Panitia Sediakan TPS Lebih Banyak

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sebanyak 47 Desa di Kabupaten Tuban melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Terlihat, warga dari setiap desa yang menggelar Pilkades begitu antusias dalam mengikuti pesta demokrasi tersebut.

Di Desa Palang, Kecamatan Palang ini misalnya, dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak masyarakat sejak pukul 07.00 Wib, sudah mulai mendatangi lokasi tempat pemilihan yang terbagi di beberapa tempat.

Secara bergantian, masyarakat satu persatu mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan masuk ke dalam bilik suara, untuk menggunakan hak pilihnya. Salah seorang warga Desa Palang, Minah mengatakan sangat antusias untuk memberikan suara. Sebab menurutnya, kemajuan desa tergantung dari pemimpinnya, sehingga ia tidak mau menyia-yiakan kesempatan ini.

“Memang sengaja datang lebih pagi, kalau Pilkades begini masyarakat memang antusias, untuk mendukung calonnya masing-masing. Semoga yang terpilih yang terbaik dan bisa membuat desa menjadi lebih maju lagi,” paparnya kepada blokTuban.com, Kamis (27/10/2022).

Senada, Ketua Panitia Pilkades di Desa Palang, Khoirul Kirom juga berharap agar Kepala Desa yang akan terpilih nantinya, dapat membuat Desa Palang maupun masyarakat setempat, menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Baca Juga :

- Warga Luar Desa Dilarang Masuk Desa Sumber Merakurak, Ada Apa?

47 Desa di Tuban Gelar Pilkades Serentak Hari Ini, 1.500 Personil Keamanan Diterjunkan

1.500 Personil Akan Amankan Pilkades, Tuban Dapat Backup dari Polda Jatim

Selain itu, Kirom sapaan akrabnya menambahkan jika dalam pelaksaan Pilkades tahun ini, agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, jumlah TPS yang disediakan panitia lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut, bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan hak pilihnya, serta mengurangi jumlah kerumunan.

“Ada sedikit perbedaan dari tahun ini dengan tahun-tahun lalu, salah satunya jumlah TPS yang dulu hanya dua sekarang bertambah jadi ada tujuh, karena kita kan ini memang masih di  ujung pandemi,” ujarnya.

Situasi serupa, juga terlihat di Desa Tegalbang, Kecamatan Palang yang berjalan dengan aman dan damai. Menurut Wakil Ketua Pilkades setempat, Idris, untuk meminimalisir terjadinya kerusuhan dalam pemilihan ini, maka ada sejumlah tim keamaan yang telah berjada di masing-masing TPS.

“Sejauh ini Alhamdulillah aman dan terkendali, di setiap TPS juga ada keamanan dari pihak Kepolisian satu, Linmas satu, dan ditambah ada pengamanan keliling dari pihak TNI juga. Disini total ada sembilan TPS, jadi kita menyebar per RW (Rukun Warga) disediakan satu TPS,”  jelasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS