Warga Luar Desa Dilarang Masuk Desa Sumber Merakurak, Ada Apa?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Warga dari luar Desa Sumber Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban sempat dilarang masuk ke desa tersebut. Hal itu dilakukan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di desa tersebut yang berlangsung hari ini, Kamis (27/10/2022).

Camat Merakurak Mustakim, ketika dikonfirmasi blokTuban.com membenarkan. Upaya tersebut dilakukan untuk menjaga Pilkades tetap kondusif. 

Kendati begitu, pada hari-H pencoblosan (hari ini,red) situasi di desa tersebut sudah kembali normal. Menurutnya, hal itu juga merupakan tradisi desa setempat.

“Hanya sebelum pencoblosan. Puncaknya tadi malam untuk antisipasi penyusup dari luar desa yang akan mengganggu berjalannya coblosan,” ujar Mustakim, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga :

47 Desa di Tuban Gelar Pilkades Serentak Hari Ini, 1.500 Personil Keamanan Diterjunkan

BKK Pilkades Tuban Terbesar di Kecamatan Rengel, Nilainya Rp157 Juta Lebih

- Pilkades Serentak 2022 di Tuban Dianggarkan Rp4 Miliar dari APBD

Di Kecamatan Merakurak sendiri, lanjut Mustakim, ada tiga desa yang menggelar Pilkades, yaitu Desa Sumber, Desa Kapu, dan Desa Tobo. Namun hanya Desa Sumber yang melarang warga luar desa masuk ke desa tersebut.

“Ada tiga desa yang melangsungkan Pilkades, namun hanya Sumber yang ada larangan warga luar desa masuk. Untuk Tobo dan Kapu bebas,” imbuhnya.

Diketahui, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban berlangsung hari ini, Kamis (27/10/2022). Dari data Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (Dinson P3A PDM) Kabupaten Tuban Pilkades tersebar di 17 Kecamatan dari jumlah total 20 kecamatan yang ada.

Sementara itu, dari 311 desa, terdapat 47 desa yang menggelar pilkades. Sedangkan Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan berebut simpati warganya untuk mengantarkan ke pringgitan sebanyak 119 calon. [rof/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS