Kabupaten Tuban Berpotensi Hujan Es? BMKG Tuban: Beginilah Prosesnya

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Hujan es sering terjadi di Indonesia, bahkan pada awal bulan Oktober 2022 ini Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan es. Lantas pada musim penghujan ini apakah Kabupaten Tuban juga akan berpotensi mengalami hujan es?

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan hujan es bisa saja terjadi di Tuban, terlebih di musim penghujan dengan intensitas hujan yang tinggi.

Zem Irianto menjelaskan hujan es terjadi akibat tumbuhnya awan Cumulonimbus (CB). Ketinggian awan CB mencapai 8 -9 km. Pada puncak awan CB yang sangat tinggi, kristal es akan terbentuk. Kemudian kristal es akan mencair dan turun menjadi hujan. 

Namun dalam kondisi downdraft yang sangat kuat (dorongan angin ke bawah), kristal es tidak sempat mencair dan turun ke daratan masih dalam Bentuk kristal es (beku). Kemungkinan adanya hujan es sendiri di berbagai wilayah pasti ada, dan tergantung apakah faktor penyebabnya ada di suatu wilah tersebuat atau tidak.

Baca juga: 

BMKG Peringatkan Warga Tuban Waspadai Hujan Berdurasi Lebih dari 30 Menit

Air Terjun Nglirip Tuban Banjir, Pengunjung Dilarang Mendekat

“Di Kabupaten Tuban kemungkinan hujan es bisa saja terjadi, tergantung faktor-faktor penyebab hujan es tersebut. Misalnya adanya awan2 konvektive (awan hujan) yang jaraknya dengan permukaan bumi dekat sehingga partikel hujan yang jatuh belum sempat mencair tetapi masih dalam partikel-partikel es,” ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (18/10/2022).

Hujan es sendiri, tambahnya dapat menjadikan suhu udara di daerah tersebut lebih dingin, dan hujan es yang jatuh masih dalam kristal es atau batu es yang ukurannya seperti batu kerikil, tentunya berbahaya bila terkena manusia  dan pemukiman masyarakat. 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS