Berdampak Buruk Bagi Tubuh Manusia, Ternyata Ini 5 Penyebab Seseorang Memakai Narkoba

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Penyalahgunaan barang haram berupa narkoba di kalangan masyarakat, hingga kini masih terus dalam pengawasan Pemerintah ataupun lembaga penegak hukum. Pasalnya, penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi penggunanya.

Mirisnya lagi, banyak ditemukan yang rentan menjadi korban narkoba adalah anak dan juga perempuan. Narkoba sendiri merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

Ketua Koalisi Perempuan Ronggolawe (KP Ronggolawe), Suwarti, menyampaikan kerentanan tesebut disebabkan, karena biasanya anak-anak diperdaya dan diperalat oleh mafia narkotika sebagai kurir atau pengantar, karena posisi dan status anak dimata hukum itu mendapatkan perlakukan khusus. Sehingga jerat hukum bagi anak-anak ini akan lebih ringan. 

“Selain itu, kondisi psikis yang masih labil sehingga mudah untuk dipengaruhi dan dikondisikan, dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar,” Ujarnya Selasa (11/10/2022).

Kondisi itulah yang kemudian menjadi perhatian Lembaga Bantuan Hukum (LBH) KP Ronggolawe, sebagai lembaga yang berkonsentrasi terhadap isu perlindungan perempuan dan anak, sejak tahun 2014 silam.

Dari temuan yang diperoleh oleh tim LBH KP Ronggolawe, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Diantaranya seperti Minimnya akses informasi berbasis hukum, dan juga kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Kedua narkoba sebagai solusi dalam lintas meningkatkan ekonomi keluarga, dan yang ketiga bahwa narkoba merupakan tiket masuk kelompok sosial tertentu sebagai gaya hidup,” sambungnya.

Selain itu, penyebab lainnya ialah anggapan bahwa narkoba sebagai solusi sebagai masalah dan yang trakhir adalah tuntutan pekerjaan sebagai penambah stamina tubuh sebagai penunjang pekerjaan.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Warti ini juga menambahkan jika ada beberapa dampak buruk atau negatif bagi masyarakat, khususnya anak dan perempuan yang disebabkan oleh narkoba.

Pasalnya, penyalahgunaan narkoba dapat merusak kesehatan fisik, psikis, mental, perilaku hingga penyakit berbahaya seperti HIV, AIDS atau bahkan kematian. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS