Bupati Tuban Larang Kepala Sekolah Bersaing Mendapat Siswa Baru

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah melantik 3 pengawas dan 211 Kepala Sekolah tingkat SD/SMP di Kabupaten Tuban, Jumat (14/10/2022), Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky meminta kepala sekolah untuk profesional dalam mendapatkan siswa baru. 

Kepala sekolah menurut Bupati Lindra, harus memiliki kepekaan terhadap lingkungan sosialnya. Sekaligus segera melakukan pemetaan terhadap kondisi di sekitar sekolah. Langkah tersebut harus dilakukan dengan bersinergi dengan pemerintah kecamatan, desa, dan tokoh masyarakat sekitar. 

"Jangan sampai ada sekolah saling bersaing mendapatkan siswa, sehingga mengorbankan sekolah lainnya," pinta Bupati di Pendapa Kridha Manunggal Tuban.

Pengawas dan Kepala Sekolah yang dilantik, telah memiliki sertifikasi sesuai bidang masing-masing. Amanat yang dipercayakan harus dijaga dengan melaksanakan tanggung jawab dengan profesional dan sepenuh hati. Amanat yg diberikan harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan YME. 

"Jangan sampai menyalahgunakan kewenangan yang bapak ibu terima," tegasnya.

Baca juga :

BSU Tahap 4 Sebesar Rp600 Ribu Sudah CAir, Buruan Cek Akun Kemnakermu

Revitalisasi Fasilitas GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban Telan Rp8,9 Miliar

Dok! Kalender Hari Libur Nasioanal 2023 Telah Ditetapkan, Cek Selengkapnya

Penempatan Kepala Sekolah di tempat yang baru, sebagai bentuk pembaharuan dan semangat baru di tempat yang baru pula. Tujuannya agar mampu membawa sentuhan dan inovasi di sekolah yang ditempati. Sehingga membawa pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak-anak.

Selain memiliki kemampuan manajerial yang baik, Bupati juga menuntut Kepsek mampu menata dokumen administrasi dan mampu mengelola anggaran pendidikan yang diterima. Tidak hanya menunggu alokasi APBD Kabupaten Tuban, tetapi juga mampu mendatangkan anggaran maupun hibah dari provinsi maupun kementerian dan pemerintah pusat.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat menyebutkan tiga pengawas yang dilantik menempati posisi Pengawas Sekolah Madya SD di kecamatan Jenu, Singgahan, dan Pengawas Sekolah Madya Rumpun Mapel Seni Budaya SMP pada Dispendik Tuban. 

"Kepala Sekolah yang dilantik terdiri dari 183 Kepala SD dan 28 Kepala SMP di Kabupaten Tuban," sambungnya.

Diketahui, pelantikan tersebut turut disaksikan Wabup Tuban, H. Riyadi, Forkopimda Tuban, Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, pimpinan OPD, dan Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS