Melawan Keterbatasan, Anak-anak di Lima Sekolah Tuban Antusias Rayakan Hari Cerebral Palsy Dunia

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hari Cerebral Palsy Dunia kali ini begitu membekas di hati para anak-anak di lima sekolah di Kabupaten Tuban. Sebab, momentum tahunan itu dikemas dalam Cerebral Palsy Gathering Se-Kabupaten Tuban, Jumat (14/10/2022). 

Sekolah Luar Biasa ABD Negeri Tuban menjadi tuan rumah acara pada 12 Oktober 2022 lalu. Empat sekolah lain yang turut meramaikan kegiatan yaitu, SLB C Autis Negeri, Special School Salsabila, SLB AC Jati Wiyata Dharma, dan SLB B Jati Wiyata Dharma.

Acara yang bertajuk Kreatif Bersama Melalui Finger Painting ini diikuti oleh sekitar 15 anak, tersebut juga dihadiri perwakilan TP PKK Tuban, Aulia Hani Mustikasari untuk memberikan dukungan moral dan semangat bagi para peserta.

Dalam peringatan ini kegiatan yang digelar cukup sederhana akan tetapi memberikan dampak psikologis yang luar biasa bagi-anak difabel atau penyandang disabilitas. 

Salah satu siswa Kelas D, Johan Saputra Nugraha, mengaku bahagia ketika mendapat hadiah atas karya lukisnya. Rasa capek tak terasa, sebab dilakukan bersama-sama dengan teman sebayanya. 

Baca juga :

4 Penyakit yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Pancaroba di Tuban, Demam Berdarah Paling Gawat

Obat Herbal Atasi Gatal pada Kulit Sesuai Resep JSR dr Zaidul Akbar

Berdampak Buruk Bagi Tubuh Manusia, Ternyata Ini 5 Penyebab Seseorang Memakai Narkoba

"iya, saya senang sekali menjadi juara, saya melukis ikan mas koi. Agak capek acaranya dari pagi, tapi saya senang, saya juga suka membuat mainan handphone dari kardus kalau di rumah," ucap siswa usia 14 tahun itu.

Peringatan Hari Cerebral Palsy Se-dunia diperingati pada dua Minggu pertama bulan Oktober, tapi secara nasional kegiatan ini biasa digelar pada tanggal 6 Oktober. SLB ABD Negeri Tuban baru melaksanakan acara setelah berdiskusi dengan salah satu pegiat Disabilitas Nasional.

Meskipun awalnya digelar cukup sederhana dengan tujuan memberi motivasi dan semangat kepada anak-anak penyandang disabilitas khususnya Cerebral Palsy. 

Guru Siswa D di SLB ABD Negeri Tuban, Apriliana, Tita Hapsari, mengatakan, kegiatan ini diikuti khusus untuk anak-anak Cerebral Palsy (CP). 

Dimulai dengan upacara bersama dan disusul mewarnai dengan tangan serta penyerahan hadiah. CP sendiri masuk dalam kelompok D atau Tuna Daksa, mereka cenderung memiliki keterbatasan yang sangat nampak dibanding disabilitas lain. 

"Apresiasi kecil bagi mereka sangat berpengaruh pada psikisnya karena itu tadi juga sempat ada ucapan selamat dari siswa kelas lain yang bukan kelompok CP," tutur wanita yang juga penyandang Cerebral Palsy ini.

Dalam kesempatan itu, Pegiat Disabilitas Nasional, Fira Fitri Fitria, sebagai inisiator kegiatan ini mengatakan, meskipun sangat sederhana tapi kegiatan tersebut dapat memberikan makna yang dalam agar mereka bisa menggapai cita-cita meskipun dalam keterbatasan.

"Melihat keseruan adik-adik sangat senang bisa menampilkan kreatifitas bakatnya," ujar Fira. [Ali]

 

Temukan konten menarik blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS