Masuk Musim Penghujan, Lahan Tadah Hujan di Wilayah Tuban Apa Bisa Ditanami Jagung?

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban menyatakan sebagian wilayah Kabupaten Tuban pada akhir September telah memasuki musim penghujan.

"Wilayah yang agak barat (Kabupaten Tuban) bakalan masuk musim hujan di awal November, Sob," keterangan tertulis pada feed instagram @bmkgtuban yang dikutip pada Selasa (11/10/2022).

Wilayah Tuban bagian Barat meliputi 4 kecamatan, yaitu meliputi Kecamatan Bancar, Tambakboyo, Jatirogo dan Kenduruan.

Musim hujan bagi lahan pertanian tadah hujan di sebagian wilayah Tuban menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Seperti salah satu pengguna instagram dengan akun @herrymuchee dalam kolom komentar bertanya perihal hal jenis tanaman yang dapat ditanam dalam waktu dekat.

"Untuk tanam jagung area tadah hujan apakah sudah bisa min?", tanya @herrymuchee kepada BMKG Tuban.

Berdasarkan hasil pantauan BMKG Tuban tersebut, terkait intensitas hujan tergolong masih belum tinggi. Sedangkan untuk proses menanam setelah musim panas, terlebih rtanah tadah hujan membutuhkan pengairan yang stabil.

"Berdasarkan pantauan kami hujan yang terjadi masih sedikit, Mas. Hujan yang turun masih skala ringan. Lebih baik ditunggu ketika kondisi cuaca sudah dominan hujan," kata BMKG terhadap pertanyaan netizen tersebut.

Sementara itu, BMKG Tuban memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari - Februari. [Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS