15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Unik, Santri Darurrauf Wilis Tuban Usung Kostum Daun Lontar Sambil Lantunkan 1000 Bait Nadhom

bloktuban.com | Sunday, 18 September 2022 20:00

Unik, Santri Darurrauf Wilis Tuban Usung Kostum Daun Lontar Sambil Lantunkan 1000 Bait Nadhom Santri Darurrouf Wilis Jenu Tuban bawakan kostum daun lontar di karnaval HUT Kemerdekaan Indonesia. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Semangat Kemerdekaan masih terus digaungkan oleh warga Desa Suwalan Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Mereka menngadakan karnaval tingkat Desa dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) tentunya dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia Tak ada kata terlambat walaupun saat ini sudah memasuki pertengahan bulan September. 

Dalam karnaval ini ada beberapa penampilan unik yang di tampilkan oleh Pondok Pesantren Darurrouf Wilis. Karnaval sendiri dimaknai sebagai pajang untuk bersenang-senang sehingga kegiatan ini disambut meriah dan antusias oleh warga Desa, serta masyarakat dari dalam, hingga luar desa yang memadati jalan untuk menyaksikan penampilan dari para peserta karnaval.

Karnaval ini diikuti oleh 18 kelompok peserta salah satunya adalah Pondok Pesantren Darul Rauf Wilis Jenu yang mengambil tema Bhineka Tunggal Ika  terdapat penampilan unik dari santri Ponpes Darurrouf Wilis.

Baca juga :

Kenakan Berbagi Kostum Unik, Karnaval Kemerdekaan di Desa Sumurjalak Tuban Meriah

Naik Kereta Kuda, Kades Tasikharjo Tuban Bersama Istri Pimpin Pawai Karnaval Kemerdekaan Keliling Desa

Bertajuk Pesona Nusantara, Karnaval Desa Klotok Tuban Sukses Hibur Ribuan Penonton

Mereka, mensiarkan Islam di muka umum, dengan melantunkan kurang lebih 1000 bait nadhom Matan Zubad di sepanjang jalan. Selain itu mereka juga membawa kaligrafi bertuliskan motivasi dan kreasi gunungan wayang dari kardus bekas.

Tak hanya itu, santri juga membuat masyarakat yang melihat karnaval ini merasa takjub, karena menggunakan kostum kreasi santri dari daun lontar. Keunikan tersebut menjadi daya tarik para masyarakat yang melihat.

“Lontar sendiri merupakan daun dari pohon Bogor Siwalan yang menjadi salah satu ikon Kota Tuban. Sangat jarang diolah menjadi kreasi seni berupa gaun maupun kostum,” ujar Pengasuh Ponpes Darurrauf Wilis Jenu, Tuban, Ahmad Muadzin kepada blokTuban.com, Minggu (17/09/2022).

Sebelum berangkat karnaval para santri di beri pesan oleh pengasuh Ponpes Darurrauf Wilis agar santrinya untuk berdandan natural. Sekaligus tetap mengutamakan jamaah salat, karena bagaimanapun keadaannya salat adalah yang paling utama. 

Pengasuh muda ini berpesan, bahwa karnaval merupakan ajang untuk bersenang-senang yang dapat dimeriahkan dengan kesederhanaan. Karnaval juga bisa menjadi ajang dakwah Islam di tengah masyarakat modern. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Karnaval Kemerdekaan, Darurrouf Wilis Jenu, Pesantren Tuban, Santri Tuban, Bait Nadhom, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat