Naik Kereta Kuda, Kades Tasikharjo Tuban Bersama Istri Pimpin Pawai Karnaval Kemerdekaan Keliling Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Meriah adalah suasana pawai karnaval Kemerdekaan RI ke-77 di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada 4 September 2022 siang. Kurang lebih 1.500 peserta berkeliling desa dengan menampilkan kreatifitas pesona budaya Indonesia. 

Peserta karnaval perdana setelah pandemi Covid-19 itu, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Tasikharjo, Damuri. Kades ramah itu bersama istri dan buah hatinya menaiki kereta kuda dengan hiasan bunga yang memukau. 

Bersama Pemdes, Kades Damuri mengenakan kostum adat khas Keraton Yogyakarta. Menjadi barisan yang pertama jalan, rombongan Pemdes Tasikharjo membuat decak kagum seluruh sorot mata penonton. 

"Atas nama Pemdes Tasikharjo, kami mengucapkan beribu terimakasih kepada segenap masyarakat yang telah mendukung terlaksananya karnaval siang ini," tutur Kades Damuri dalam sambutannya. 

Dengan tingginya antusias warga Tasikharjo di HUT ke-77 RI, Pemdes sangat bangga dan mengajak seluruh elemen warga menjadikan Tasikharjo Bersih, Indah, Nyaman, dan Religius (Bersinar). Kekompakan dan kerjasama merupakan kunci kemajuan Desa Tasikharjo. 

Sebelum berangkat, Pemdes Tasikharjo juga menampilkan tari cakilan. Di mana ada satu sosok pria yang menari lalu mengantarkan Kades Damuri menaiki kereta kudanya. Setelah itu, mengantarkan tiga pengiringnya yang mengikuti di belakang kereta kuda. 

Informasi yang dihimpun dari panitia PHBN, peserta pawai karnaval di Desa Tasikharjo merupakan utusan dari setiap RT. Mereka telah memilih satu tema terbaik untuk ditampilkan dalam karnaval dengan harapan menang penilaian dari dewan juri Kecamatan Jenu. 

Beberapa tema yang diusung RT mulai dari Papua, profesi, perikanan, fashion show, budaya Tuban, Bali, keagamaan, pertanian, hingga tema pemayangan. Yang membuat decak kagum, peserta karnaval bukan hanya anak-anak dan remaja, namun para orang dewasa hingga Lansi dengan penuh semangat ikut berjalan kaki berkilometer dari start hingga finish. 

Sekilas, pawai karnaval di Desa Tasikharjo berjalan lancar. Sebab, di depan balai desa ada dua jalur di mana satu jalur untuk karnaval dan jalur satunnya untuk kendaraan dan kepentingan masyarakat luas. 

Berbeda dengan desa lainnya, selain berlomba menampilkan kostum dan atraksi terbaiknya, setiap RT peserta karnaval juga berlomba menunjukkan kualitas sound sistem kepada penonton. 

Turut hadir dalam pawai karnaval, yaitu Pemdes Tasikharjo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dewan juri, panitia PHBN, karang taruna, BPD, LPMD, Danramil Jenu dan anggota, anggota Polsek Jenu, dan seluruh elemen masyarakat Desa Tasikharjo dan sekitarnya. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS