Kenakan Berbagi Kostum Unik, Karnaval Kemerdekaan di Desa Sumurjalak Tuban Meriah

Kontributor : Angga Febriyan

blokTuban.com - Penuh semangat nampak dari Pemerintah Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban bersama pemuda-pemudi, dan orang tua menyemarakkan Kemerdekaan RI ke-77. Dengan mengenakan berbagai kostum yang menarik, mereka meramaikan karnaval di Dusun Jalak, Desa Sumurjalak.

Karnaval yang digelar pada 3 September 2022 itu, diikuti oleh seluruh warga setempat. Walaupun hanya berkeliling desa, namun karnaval ini tampak meriah, sebab di isi oleh tawa bahagia dan jogetan para peserta karnaval.

Karnaval kali ini, terbilang pertama yang dilaksanakan oleh para warga dusun dan pemerintah desa. Sebab, beberapa tahun yang lalu kegiatan karnaval ditiadakan karena adanya wabah Covid-19, sehingga pemerintah desa dan RT berinisiatif untuk mengadakan karnaval di desa.

"Ini yang pertama, warga sangat antusias dengan adanya karnaval ini. Kalau bisa ya setiap tahun harus tetap terlaksana acara seperti ini," ungkap Purnoto, salah satu RT desa saat diwawancarai.

Baca juga :

Bertajuk Pesona Nusantara, Karnaval Desa Klotok Tuban Sukses Hibur Ribuan Penonton

Jalur Pantura Tuban Sempat Padat Merayap, Ada Ribuan Peserta Karnaval Kemerdekaan Kelilingi 4 Desa di 2 Kecamatan Berbeda

1.500 Warga Desa Magersari Tuban Meriahkan Karnaval Kemerdekaan

Meskipun karnaval hanya dilaksanakan oleh warga Dusun Jalak, kedepannya Pemdes berharap dusun lain seperti Sumurgung dan Tegalboro termotivasi dan ikut serta melaksanakan pelaksanaan karnaval kemerdekaan.

"Ini sebagai percontohan hanya Dusun Jalak. Harapan saya dengan melihat kekompakan Dusun Jalak, dusun-dusun di Desa Sumurjalak termotivasi dan ikut gabung jadi satu," sambung Jinawan, Kepala Desa Sumurjalak.

Selain untuk memeriahkan kemerdekaan, karnaval ini juga bertujuan agar warga dan para pemuda dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dengan cara ikut serta memperingati kemerdekaan RI. [Angga/Ali]

 

Artikel ini merupakan liputan kolaborasi anggota LPM Waskita Unirow Tuban dan blokTuban.com.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS