Tuban Forest Adventure Perdana Digelar, Diikuti Ratusan Pelajar dan Rider Off Road Lamongan hingga Blora

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tuban Forest Adventure sukses digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kegiatan yang dihelat pada 17 September di Hutan Krawak, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban itu sebagai wahana memperkenalkan potensi hutan di Kabupaten Tuban untuk dijadikan wisata minat khusus. 

Lebih dari itu, BPBD memproyeksikan sebagai edukasi tentang arti penting menjaga dan merawat kelestarian hutan. Sekaligus menjadi upaya penanggulan bencana secara pentahelik dengan melibatkan semua elemen.

Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Sudarmaji menyebutkan Tuban Forest Adventure dirangkai dengan dua kegiatan yaitu Lomba Navigasi Darat dan Fun Off Road. Pada perlombaan Navigasi Darat diikuti 410 siswa SMA/SMK/MA dari Kabupaten Tuban, Lamongan dan Blora. 

"Kegiatan Fun Off Road diikuti 102 orang dengan 51 kendaraan," ujar Kalaksa Sudarmaji dalam keterangannya. 

Baca juga :

Puluhan Relawan dari Berbagai Kota Pelajari Karakter dan Penanganan Ular di Tuban

Tuban Forest Adventure di Camping Ground Hutan Krawak Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

Antisipasi Kemarau 2022, BPBD Tuban Siapkan 7.200 Meter Kubik Air

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bersama Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya dan Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin.

Bupati Lindra memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Tuban Forest Adventure yang baru pertama kali digelar. Harapannya, kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda. 

"Tujuannya agar kesadaran masyarakat terutama generasi muda untuk menjaga hutan dapat ditingkatkan," ungkapnya.

Melalui Tuban Forest Adventure, lanjut Bupati akan mampu menciptakan sinergitas dan kolaborasi lintas sektoral, termasuk kalangan muda, untuk bersama meningkatkan kesadaran dalam mitigasi bencana. 

Bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu perlu disikapi dengan pengetahuan tentang mitigasi bencana mulai dari pencegahan, tanggap darurat, hingga pasca bencana.

"Menjaga kelestarian alam merupakan tanggung jawab semua orang. Salah satunya merawat ekosistem hutan akan bermanfaat guna menjaga ketersediaan air dan mencegah terjadinya longsor. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS