Prediksi Gelombang Laut Tuban Capai 1.5 Meter Saat Operasi SAR Pencarian Nelayan Hilang

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Petugas dari Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, hari ini bergerak dengan melakukan operasi Search and Reascue (SAR) untuk mencari nelayan yang hilang diperairan laut utara Tuban. 

Diketahui, nelayan tersebut bernama Hendin Debi Setiawan (40), warga Desa Keradenan RT 02, RW 01, Kecamatan Palang. Pemilik perahu tersebut dilaporkan hilang sejak Rabu (20/7/2022) kemarin. 

Terkait : Dua Nelayan Tuban Dikabarkan Hilang Saat Melaut

Dalam proses pencarian tersebut, tentu diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan didukung oleh kondisi cuaca yang bersahabat. Menanggapi hal tersebut, Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto, mengungkapkan bahwa ketinggian gelombang laut diperairan Utara Tuban mencapai 0.5 hingga 1.5 meter, dengan kondisi cuaca yang  diprediksi berawan. 

“Kondisi cuaca hari ini di perairan Utara Tuban diperkirakan berawan dengan ketinggian gelombang masuk kategori sedang (0.5-1.5),” terangnya saat dikondfirmasi blokTuban.com, Kamis (21/7/2022). 

Terkait : Kronologi Dua Nelayan Tuban yang Hilang Baru Ketemu Satu, Kondisinya Selamat

Sedangkan kondisi angin, lanjutnya, bergerak dari arah Tenggara – Selatan dengan kecepatan angin maksimum 12 – 30 Km/jam. Kendati demikian, masyarakat tetap dianjurkan untuk waspada dan terus berhati-hati, terutama bagi para nelayan karena sewaktu-waktu gelombang air laut bisa berubah. 

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya juga telah merilis prakiraan kondisi ketinggian gelombang wilayah Perairan Jawa Timur pada hari ini. 

Terkait : Pemilik Perahu Tuban yang Hilang Belum Ketemu, Petugas Siap-siap Operasi SAR

Dalam prakiraan tersebut, BMKG maritim perak juga memprediksi jika ketinggian gelombang ombak di wilayah perairan utara laut Jawa bagian Timur hari ini mencapai 0.5 hingga 2.0 meter. Sedangkan di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur sebesar 18 knots (33 km/jam). [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS