18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Puluhan Relawan dari Berbagai Kota Pelajari Karakter dan Penanganan Ular di Tuban

bloktuban.com | Sunday, 18 September 2022 18:00

Puluhan Relawan dari Berbagai Kota Pelajari Karakter dan Penanganan Ular di Tuban Exalos Indonesia memberi materi cara menangani ular kepada puluhan relawan. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sejumlah 60 relawan yang terdiri dari anggota BPBD, Damkar, Komunitas Pecinta Alam dan Reptil, serta masyarakat umum di Kabupaten Tuban mengikuti kegiatan Diklat Snake Rescue, yang diselenggarakan oleh Exalos Indonesia. 

Bertempat di Rumah Yatim dan Dhuafa Aspend Indonesia, yang berada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Diklat Snake Rescue ini juga diikuti oleh relawan dari luar daerah di Kabupaten Tuban, seperti Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, hingga Surabaya. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak para peserta yang didominasi oleh bapak-bapak tersebut sangat berantusias. Hal tersebut, dibuktikan dengan berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan oleh pemateri. 

Ketua Exalos Indonesia sekaligus pemateri, Janu Wahyu Widodo mengatakan kegiatan ini meliputi beberapa materi, mulai dari pengenalan jenis ular, karakter dan habitatnya, praktik penanganan ular tidak berbisa, hingga cara menangani kasus gigitan ular. 

Baca juga :

Mitos Ular Gaib di Gua Kancing Tuban yang Belum Banyak Diketahui

12 Telur Ular Piton Tuban Dibuang ke Laut

Bikin Geger, Ular Piton 3,5 Meter Sembunyi dan Mengerami Belasan Telurnya di Pabrik Tahu Tuban

"Jadi untuk materi yang kita sampaikan adalah pengenalan jenis ular, karakter ular, penanganan ular-ular yang ada di lingkungan kita yang konflik dengan masyarakat, sampai dengan pertolongan pertama pada gigitan ular," paparnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Minggu (18/9/2022). 

Kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum, khususnya para relawan saat terjadi konflik antara manusia dan ular. Exolas sendiri merupakan perkumpulan atau komunitas yang bergerak pada bidang edukasi, sosial, rescue, dan kemanusiaan. 

Selain itu, Janu sapaan akrabnya menambahkan jika Diklat snake rescue ini, dilakukan secara khusus selama satu bulan sekali di berbagai daerah yang ada di Indonesia, dengan durasi waktu kurang lebih 8 jam lamanya. 

"Untuk pelatihan kami di Exalos untuk melatih masyarakat, bisa dikatakan rutin dan sangat sering. Jadi misal ada permintaan dari masyarakat, instansi-instansi ataupun relawan," jelasnya.

Lebih lanjut, pria berusia 37 tahun tersebut juga berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, apabila mengalami konflik dengan ular bisa menghubungi anggota Exalos yang berada di wilayah Kabupaten Tuban. 

Dengan diadakannya Diklat ini, ia berharap agar kedepannya bisa semakin banyak relawan yang memiliki keinginan untuk membantu masyarakat. 

"Harapannya adalah kita bisa memperbanyak relawan, orang-orang yang mungkin sudah memiliki kemampuan penanganan ular untuk membantu masyarakat," imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Relawan Tuban, Diklat Ular, Kenali Karakter Ular, Blok Tuban, Tuban hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat