Ramai Wacana BBM Subsidi Naik, Menteri ESDM : Stop Orang Kaya Beli Biosolar dan Pertalite

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - BBM Bersubsidi merupakan BBM yang diberikan subsidi oleh Pemerintah menggunakan dana APBN, memiliki jumlah yang terbatas sesuai dengan kuota, harganya ditetapkan Pemerintah dan diperuntukan untuk konsumen pengguna tertentu. 

Jenis BBM yang termasuk BBM bersubsidi adalah Biosolar dan Pertalite. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan di tengah tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah berkomitmen untuk tetap mengupayakan ketersediaan BBM untuk masyarakat. 

Kendati demikian, saat ini sedang disiapkan beberapa opsi agar BBM Bersubsidi yang memang peruntukkan untuk masyarakat berdaya beli menengah ke bawah dapat tepat sasaran.

Baca juga :

Solar di Tuban Langka? Ini Penjelasan Pemkab Tuban

Di Tengah Kabar Bakal Ada Kenaikan Harga BBM, Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan

Derita Sopir Truk dari Gresik ke Tuban: Datangi 5 SPBU Kompak Kehabisan Solar

"Saat ini sedang dikaji banyak opsi secara keseluruhan, nanti kita akan pilih yang terbaik, karena subsisdi ini kompensasinya sudah berat sekali, sementara harga minyak masih cukup tinggi," ujar Menteri Arifin dalam keterangan resminya di situs resmi Kementrian ESDM, Jumat (26/8/2022). 

Menteri Arifin meminta kepada masyarakat yang mampu untuk tidak lagi membeli BBM Bersubsidi yang memang bukan peruntukannya. Hal ini bertujuan agar subsidi BBM benar-benar tepat sasaran dan berkeadilan. Untuk itu, masyarakat juga harus disiplin menggunakan BBM sesuai dengan haknya.

"Pemerintah terus berupaya agar masyarakat tidak kekurangan bahan bakar. BBM bersubsidi seperti pertalite itu hakikatnya untuk membantu masyarakat yang daya belinya itu belum cukup, nah jangan sampai yang sudah cukup tetapi membeli pertalite," pungkasnya. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS