KKN di Desa Kumpulrejo Tuban, Belasan Mahasiswa Al-Hikmah Diserahkan Kepala Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Belasan mahasiswa Al- Hikmah Kabupaten Tuban diserahkan pihak kampus kepada Kepala Desa Kumpulrejo, Kecamatan Parengan secara simbolis pembukaan Kuliah Kerja Nyata Participatory Action Research (KKN-PAR) X, Kamis (11/8/2022).

Kegiatan seremoni yang berlangsung di balai desa setempat pada Rabu (10/9/2022) itu, dihadiri oleh pemerintah kecamatan Parengan, Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan dosen pembimbing lapangan KKN Vita Fitriatul Ulya, dan Shelvyna Rikantasari.

Tahun ini, ada 16 mahasiswa Al-Hikmah dari fakultas yang berbeda KKN di Tuban selatan itu. DPL KKN yang disampaikan langsung oleh Vita Fitriatul Ulya, menyampaikan KKN merupakan bentuk implementasi dari salah satu tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. 

Baca juga :

KKN Unigoro-Unirow Dampingi UMKM Penghasil Kripik di Tuban dari Packaging hingga Merk Dagang

Mahasiswa Unirow Tuban KKN Luring Perdana Setelah Pandemi

Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket

Selama KKN diharapkan mahasiswa dapat membaurkan diri secara aktif dalam masyarakat. Melalui KKN ini, mahasiswa akan belajar mengabdikan diri dan bersosial, bukan untuk mengajar apalagi menggurui. 

"Tetap jalin komunikasi yang baik dan jadilah yang bermanfaat bagi sekitar. Selesai KKN harus ada dampak positif yang kalian berikan untuk desa”, pesan Vita.

Kepala Desa Kumpulrejo, Kunarsono menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN dari kampus IAI Al-Hikmah Tuban. Ia berharap mahasiswa akan terlibat aktif dalam kegiatan di desa, baik dari segi pendidikan maupun kegiatan masyarakat sehingga nanti mahasiswa akan dapat turut serta dalam membantu desa dalam mengembangkan potensi yang ada.

Kali ini KKN PAR X IAI Al-Hikmah Tuban mengusung tema “Mahasiswa bersama Masyarakat Desa: Recover Together, Recover Stronger”, Vita selaku DPL berharap mahasiswa mampu menjadi agent of social change dalam menjadikan masyarakat Desa Kumpulrejo menjadi lebih kuat setelah mengalami keadaan terpuruk pasca masa pandemi covid-19. 

Melalui aksi nyata gotong royong dan semangat optimisme, mahasiswa bersama masyarakat Desa Kumpulrejo akan mampu bangkit dan pulih serta siap memasuki babak baru kehidupan yang lebih sejahtera.

Rangkaian acara pembukaan ini diakhiri dengan doa sekaligus penyerahan cendera mata oleh DPL kepada kepala desa Kumpulrejo. Di akhir sesi dilakukan foto bersama seluruh mahasiswa peserta KKN, dosen pembimbing lapangan dan seluruh aparat pemerintah desa Kumpulrejo yang hadir. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS