Gali Potensi Diri, Ratusan Pelajar Ikuti Seminar Minat dan Bakat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tidak kurang dari 100 pelajar kelas XII di Tuban Selatan mengikuti seminar penggalian minat dan bakat di STAI Alhikmah Tuban, Senin (16/4/2018). Dalam forum seminar interaktif tersebut, para siswa yang telah menyelesaikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) difasilitasi penggalian potensi pada diri mereka sendiri untuk menentukan langkah usai Kelulusan.

Ketua Panitia Acara, Niswatin Nurul Hidayati kepada blokTuban.com menuturkan, pesertanya merupakan siswa kelas XII yang berasal dari SMA, MA dan SMK di Kecamatan Parengan, Singgahan, Senori, Bangilan, dan Jatirogo yang telah selesai melaksanakan UNBK. Sebagian dari mereka belum mampu menentukan apa yang akan dilakukan setelahnya.

"Setelah UNBK selesai mereka rata-rata masih bingung entah untuk bekerja, memulai usaha, melajutkan kuliah, atau lainnya. Untuk itu, kami berusaha hadir dengan menyajikan seminar ini untuk mereka," terang Niswatin, sapaan akrabnya usai kegiatan.

Seminar dengan tema 'Membangun Karir Berdasarkan Minat dan Bakat Individu di Era Digital' tersebut diikuti 24 lembaga baik Negeri maupun Swasta. Salah satu motivasi siswa mengikuti kegiatan ini, karena kurangnya pengetahuan akan potensi diri atau minat bakat yang dimiliki.

"Alhamdulillah seneng banget bisa mendapat banyak motivasi dan kritikan untuk memperbaiki diri dan tambah pengalaman," ucap Mitri Dwi Daniati peserta asal MA Al Ghozaliyah Kecamatan Parengan.

Dari data di lapangan, seminar dilakukan secara interaktif dengan banyak melibatkan siswa. Peserta diberikan kesempatan menggali bakat dan minat mereka dengan melalui games. [rof/ito]