Sering Minder, 30 Anggota ORBIT Tuban Dilatih Pede Bicara di Depan Umum

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sebanyak 30 penyandang difabel di Kabupaten Tuban diasah kemampuan public speakingnya, Jumat (29/7/2022) di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos, P3A, serta PMD) Tuban. 

Para peserta yang ikut pelatihan tergabung dalam Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT) Tuban. Ketua Orbit, Rustawar menilai pelatihan Dinsos kali ini penting untuk kepercayaan diri para difabel untuk berbicara di muka umum. 

"Selama ini masing sering mider, dan dipandang sebelah mata. Semoga skil publik speaking ini dapat dikembangkan peserta," ujar Rustawar. 

Artikel Lainnya :

Mengenal Potensi Daerah dalam Perspektif Pemberdayaan Masyarakat

Semi Final, Kesempatan Kedua PP Mutholibul Huda Tuban Lawan PP ELKISI Mojokerto

Perajut Bojongoro-Tuban Binaan EMCL Sabet Penghargaan di Forum Kapasitas Nasional

Emas Antam Naik RP4.000, 29 Juli 2022 Per Gram Capai Rp982.000

Rustawar menuturkan kepercayaan diri penyandang disabilitas harus lebih kuat dibanding rata-rata masyarakat umum. Agar mampu membuktikan dirinya dan memaksimalkan potensi diri.

"Setelah ini akan ada tindaklanjutnya, supaya kemampuan publik speaking difabel lebih matang," harapnya. 

Kabid Pemberdayaan Rehabilitasi Sosial dan Penanganan Korban Tindak Kekerasan Dinsos P3A dan PMD, Dra. Muharti mengapresiasi atas semangat peserta pelatihan. Semangat ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. Semangat yang ditunjukkan saat ini bukan hanya untuk berorganisasi tapi juga memperjuangkan hak hidup dan kesetaraan bagi disabilitas.

Melalui pelatihan ini, lanjut Muhari, penyandang disabilitas dapat meningkatkan kemampuan dirinya. Bekal kemampuan public speaking menjadi modal berharga agar mampu berkontribusi di masyarakat.

“Keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk meningkatkan kemampuan,” jelasnya.

Sementara itu, Founder Tuban Creative Hub, Kemal Khoirur Rahman memuji semangat yang ditujukan penyandang disabilitas saat mengikuti pelatihan. Menurutnya, mengisi kegiatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya diberi kesempatan mendampingi Orbit pada pelatihan ini. Harapannya, materi yang disampaikan dapat membawa manfaat bagi penyandang Disabilitas.

"Saya merasa bangga dapat sharing ilmu dengan rekan-rekan Orbit. Semoga rekan-rekan Orbit terus menjaga semangatnya dan selalu percaya diri dalam menjalani kehidupan bermasyarakat" jelasnya. [Nur/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS