12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |   11:00 . Intip Strategi Pemkab Gresik di 2023 Atasi Kemiskinan hingga Stunting   |   10:00 . Uter, Kreasi Berbahan Janur yang Dilestarikan Kelurahan Gedongombo Tuban   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Harganya Terjangkau, Ini Menu di Cafe Inklusi Difabel Tuban

bloktuban.com | Sunday, 20 March 2022 09:00

Harganya Terjangkau, Ini Menu di Cafe Inklusi Difabel Tuban Cafe inklusi berada di kawasan Pasar Sore Tuban Jalan Yos Sudarso. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Penyandang difabel di Kabupaten Tuban kini memiliki tempat usaha, namanya cafe inklusi. Cafe di Pasar Sore Tuban Jl. Yos Sudarso itu menyajikan menu makanan dan minuman yang bervariatif, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, Minggu (20/3/2022). 

Lokasi cafe tersebut terbilang cukup setrategis, karena berada di kawasan yang sering didatangi peziarah saat membeli oleh-oleh. Menu kuliner yang dibuat langsung difabel itu, tak kalah dengan yang disajikan cafe pada umumnya. 

Seperti Espresso, americano, cappucino, vanilla late, caramel late, blueberry late, manggo late, strawberry soda, blueberry soda, mix soda, dan masih banyak lagi minuman yang dapat dipilih pengunjung. 

Beberapa menu makanan ringan juga tak kalah menarik yaitu,jamur crispy, roti bakar, tahu crispy, kentang goreng, pisang keju, pastel bakar, tahu walik, dan juga sosis bakar. Harga yang dipatok difabel sangat murah, mulai dari Rp7 ribu hingga Rp12 ribu saja.

“Ini saya yakin akan prospek apabila kita kelola seoptimal mungkin, sehingga muncul lah ide tersebut dan perlahan-lahan kami wujudkan,” ucap Agus Wijaya, kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Tuban dalam keterangannya. 

Sebagai langkah konkrit pemerintah kabupaten (Pemkab) Tuban untuk menyetarakan atau menyamaratakan hak para penyandang disabilitas, Cafe Inklusi didirikan sebagai wadah berkarya, berkreasi, dan berinovasi bagi penyandang disabilitas. 

Cafe tersebut akan menjadi bukti bahwa kelompok disabilitas juga mampu berwirausaha dan berkarya. Sepenuhnya dikelola oleh para penyandang disabalitias yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Tuban. 

Terwujudnya Cafe Inklusi ini, lanjut Agus tidak hanya wujud komitmennya sebagai OPD yang berkewajiban untuk menciptakan atau mencetak wirausaha baru. Selain itu, mengacu pada Perda No 20/2021 untuk mengakses hak dan kewajiban para penyandang disabilitas agar bisa berproduksi dan mendapatkan peluang pekerjaan secara optimal sebagaiamana layaknya manusia biasa. 

“Di bidang UKM nanti akan terus mendampingi sampai dengan pendampingan di tahun 2022 berakhir. Kami berharap, proses pendampingan ini bisa produktif dan optimal, dalam arti ada keterlibatan dari teman-teman disabilitas secara sukarela dalam bergabung,” katanya. 

Dukungan tersebut diharapakan Agus dapat membangkitkan rasa percaya diri para difabel, sehingga menjadi modal mereka bisa merasa setara dengan yang lain karena dapat berproduksi dan mandiri. Saat ini, catatan Pemkab kurang lebih ada 700 difabel yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. 

”Kami berharap atas kerjasama kolaborasi semua pihak cafe inklusi ini bisa berkembang sesuai dengan harapan kita menjadi wadah dan media bagi teman-teman difabel untuk berproses menjadi wirausaha mandiri,” tutupnya. [Sav/Ali]

 

Tag : cafe inklusi, menu makanan, bisnis kuliner, difabel wirausaha, Pasar Sore Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat