Bacaan Doa Sebelum Berangkat Sekolah Agar Berkah Ilmunya, Arab Latin dan Arti

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sekolah adalah tempat anak-anak untuk belajar dan menuntut ilmu. Alangkah baiknya bila sebelum berangkat sekolah mengamalkan doa meminta ridho Allah agar ilmu yang didapat bermanfaat.

Belajar di sekolah memang tanggung jawab guru pengampu pelajaran. Tetapi peran orang tua juga tidak kalah pentingnya mensupport anak untuk belajar.

Hal yang bisa dilakukan orang tua salah satunya mengajarkan membaca doa sebelum bernagkat sekolah. Ini menjadi sebagian dari ikhtiar yang bisa dilakukan orang tua.

Berikut doa-doa yang dapat di ajarkan ke anak agar dibaca sebelum berangkat ke sekolah:

Doa pertama:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.

Doa kedua:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: "Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Demikian doa yang bisa diamalkan sebelum anak berangkat sekolah. Semoga ilmu yang didapat di sekolah bisa membawa manfaat di masa mendatang bagi anak.[dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS