80 Ekor Rusa di Taman Kapur Jadi Hiburan Gratis Warga Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Taman Kapur merupakan sebuah taman di tengah kota Tuban yang memiliki ciri khasnya yaitu adanya para rusa yang dipelihara di dalam taman tersebut. Bahkan sampai saat ini kurang lebih sudah mencapai 80 ekor rusa.

Bagi pengunjung yang ingi masuk Taman Kapur sendiri tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Sebab itu rusa-rusa yang berada di Taman Kapus menjadi alternatif hiburan gratis bagi warga Tuban.

Untuk menuju ke lokasi juga sangat mudah karena taman ini berlokasi di pinggir jalan. Jika dari arah Babat-Tuban nanti setelah melewati SMKN 2 Tuban akan ada sebuah perempatan dan terlihat ada tulisan besar bertuliskan Taman Kapur.

Pintu masuk Taman Kapur berada di samping taman. Dari perempatan belok kiri ke jalan Hayam wuruk sekitar 50 meteran akan terdapat gerbang pintu masuk yang besar.

Walaupun di Kabupaten Tuban juga banyak ditemukan tempat wisata yang terjangkau. Tapi taman ini masih memiliki pengunjung setianya. Biasanya oran tua membawa anak mereka melihat dan memberi makan rusa.

Menurut Karminto (50) pengurus Taman Kapur, keberadaan rusa ini dikatakan tidak memerlukan perawatan khusus. Biasanya petugas dari BKSDA melakukan pengecekan kondisi rusa-rusa sebulan sekali. Selebihnya perut mereka diberi makan du kali sehari dan minum secukupnya.

“Gak ada perawatan khusus, kita cuma memberi makan 2 kali sehari berupa kangkung kering yang sudah digiling pagi dan sore hari,” ucap Karminto kepada blokTuban.com, Rabu (20/07/2022).

Salah satu pengunjung taman kapur Kamari(35) yang juga berprofesi sebagai guru Tk Pertiwi KB Kasih Ibu Gesikharjo-Palang mengajak 150 muridnya untuk mengunjungi Taman Kapur. Alasannya agar orang tua murid lebih fokus saat parenting.

"Kami sering mengajak anak didik berkunjung ke Taman Kkapur jika berada di Tuban," ucap Kamari.

Berbeda dengan Kamari, Muhammad Bahrain pria asal Kutorejo ini selalu mengagendakan untuk mengunjungi Taman Kapus selama seminggu sekali bersama buah hatinya. "Biasanya pada hari Jumat sore karena ingin mengedukasi anak dengan mengenalkan kepada satwa (rusa) yang ada di Taman Tapur, selain itu lokasina juga nyaman,' ujarnya.[nur/dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS