Pasca Deklarasi Des Ganjar di Tuban, Papdesi: Kami Pengagum Ganjar Pranowo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Relawan Des Ganjar Kabupaten Tuban diantaranya adalah kepala desa yang tergabung dalam Papdesi Tuban. Mereka telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden di 2024 pada 13 Juli 2022 kemarin. 

Setelah ramai Kades di Tuban mendukung Ganjar, muncul isu bahwa mereka telah melanggar UU no 6 tahun 2014 tentang desa. Pada pasal 29 poin J, di mana menyebutkan kades dilarang ikut serta dan atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan atau pemilihan kepala daerah.

Menyikapi hal itu, Ketua Panitia Deklarasi Des Ganjar Tuban, Hari Winarko yang juga Kades Prunggahan Wetan mengatakan, bahwa Papdesi di Kabupaten Tuban bahwa di level provinsi dan pusat mengagumi sosok Ganjar Pranowo yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. 

"Des Ganjar ini merupakan aksi dari Papdesi yang menjadi wadah kepala desa. Salah satu Dewan Pembina Papdesi adalah Ganjar Pranowo. Nah, jadi tidak salah papdesi untuk mengusung menjadi Capres 2024," ujar Hari Winarko saat diwawancarai blokTuban.com, Jumat (15/7/2022).

Terkait : Tak Ada Jarak dengan Wong Cilik, Warga Tuban Beri Dukungan ke ganjar Pranowo

Bagi Papdesi, lanjut Hari bahwa sosok Ganjar sangat luar biasa. Dirinya juga menilai salah kaprah adanya statmen yang menilai Deklrasi Des Ganjar melanggar UU Nomor 6 tahun 2014. Dalam hal ini, tahapan Pemilu masih jauh dan dukungan Kades yang terwadahi Papdesi tidak dapat disalahkan. 

"Kami hanya pengagum sosok Ganjar Pranowo. Sekilas profilnya luar biasa, banyak prestasi yang didapat dan ini berdampak positif bagi desa. Kami mengagumi Ganjar sejak menjadi DPR RI di mana waktu itu menjadi Pansus RUU Desa dan mengawal sampai tuntas," imbuhnya. 

Hari juga menegaskan, bahwa Papdesi tidak ada kaitannya dengan partai politik. Papdesi hanya sebatas mengangkat sosok Ganjar Pranowo supaya elektabilitasnya meningkat. Terlepas dari itu, Hari tidak ada keterlibatan nantinya Parpol mana yang meminang Ganjar Pranowo dan apakah maju sebagai Capres di 2024. 

"Papdesi hanya memunculkan, ini lho sosok yang perlu diangkat dan didukung. Papdesi tidak terlibat di politik praktis," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, kegiatan deklarasi oleh relawan Des Ganjar dilakukan secara independen dari sisi pendanaan. Para relawan secara sukarela menggalang kekuatan untuk mendukung Ganjar maju sebagai calon presiden.

"Anggaran ini murni dari relawan, artinya dari kita semua yang sifatnya sukarelawan dan mandiri karena didasari dengan kecintaan kita dan keinginan kita kepada Ganjar Pranowo untuk naik menjadi Presiden RI," pungkasnya. 

Menyikapi Kades di Tuban yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, Kepala Dinsos P3A, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tuban, Eko Julianto meminta blokTuban.com konfirmasi ke Dinas Kominfo. Kendati demikian, Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Tuban, Arif Handoyo belum merespon panggilan telepon yang dilakukan blokTuban.com. 

"Silahkan satu pintu di Dinas Komunikasi dan Informatika (DKI)," jelas EKo. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS