Modal Puluhan Ribu Rupiah Sudah Bisa Buat Lebaran, Liburan, dan Kerja

Wisata di Air Terjun Nglirip Saat Lebaran. (Foto:Edy/blokTuban.com)

Penulis: Edy Purnomo

blokTuban.com - Lebaran, selalu identik dengan mudik, silaturahmi, dan liburan. Tapi bagi sebagian profesi, kerja masih menjadi rutinitas yang harus tetap dilakukan disela momen lebaran.

Saya adalah bagian tim redaksi di media online blokTuban.com. Saat libur panjang lebaran, kami juga harus memastikan informasi tetap bisa tersaji di layar gadget pembaca. Beruntung, teknologi yang sekarang ada memungkinkan kita untuk masih bisa berkumpul keluarga tanpa meninggalkan tanggungjawab pekerjaan. 

Salah satu teknologi yang dibutuhkan adalah jaringan internet yang memadai. Untuk ini, saya mengandalkan jaringan internet dari Smartfren. Provider ini ternyata mempunyai sinyal kuat sampai wilayah pedesaan. Kebetulan selama lebaran, saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah mertua yang ada di Kecamatan Jatirogo, perbatasan antara Kabupaten Tuban dan Kabupaten Rembang. 

Dengan modal sekitar RP60 ribuan, saya mendapat paket internet dari Smartfren sebesar 30 GB. Saya sudah bisa kordinasi dengan  berbagai saluran (Zoom, WA, dan Telegram) bersama tim redaksi. Terutama reporter dan para redaktur. 

Sebenarnya masih banyak tawaran paket internet dari smartfren. Tetapi karena saya membutuhkan untuk beberapa aktivitas pekerjaan, maka saya membeli 30 GB selama musim lebaran. 

Komunikasi berjalan lancar tanpa gangguan jaringan. Kami masih bisa merencanakan liputan harian meski dalam suasana lebaran.

Kerja Mengandalkan Jaringan Smartfren. (Foto:Edy/blokTuban.com)

Saya juga bisa tetap memantau media sosial dengan lancar. Bagi pekerja media ini diperlukan untuk mengetahui informasi terbaru dan mengetahui apa saja informasi yang sedang dibutuhkan masyarakat seperti: kondisi wisata, arus lalu lintas, aneka kuliner, dan sebagainya.

Baca: Arus Balik Lebaran 2022, Pemudik di Jalur Pantura Tuban Naik 30 Persen

Ada satu aktivitas yang mengharuskan akses internet lancar tanpa gangguan. Yakni membuka dashboard website untuk kebutuhan unggah naskah dan foto di website berita.

Hari pertama dan hari kedua saya manfaatkan untuk bekerja hanya dari rumah mertua. Sambil bersilaturahmi dengan sanak terdekat. Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Kumpul keluarga dan silaturahmi bisa, kerja juga tetap bisa dilakukan bergantian dengan tim redaksi lain.

Hari ketiga dan keempat, kami menyempatkan untuk liburan. Mengunjungi wisata-wisata yang ada di Tuban. Meski bukan jadwal saya untuk editing, saya masih bisa menggunakan paket internet dari Smartfren untuk melaporkan beberapa kondisi tempat wisata yang saya kunjungi.

Pantai yang sedang hit di Tuban. (Foto:Edy/blokTuban.com)

Karena sudah berada ditempat wisata. Saya juga mengabadikan momen kondisi wisata alam untuk kebutuhan redaksi. Meski tempat wisata rata-rata berada di desa, sinyal Smartfren ternyata cukup membantu proses ini sehingga foto sampai ke tangan redaksi yang piket dengan selamat. 

Baca: Hari Terakhir Libur Lebaran, Pengunjung Pantai Pasir Putih Tuban Capai Ribuan Orang

Selama empat hari lebaran nyambi liburan dan kerja, ternyata saya menghabiskan tidak kurang dari 25 GB paket data. Sisanya masih bisa digunakan anak buat menonton film kartun kesukaan. Beruntung Smartfren menyediakan paket data dengan harga murah namun sinyal tetap kuat sampai ke pelosok desa tempat saya tinggal. [*/edy].