Arus Balik Lebaran 2022, Pemudik di Jalur Pantura Tuban Naik 30 Persen

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Memasuki hari ketujuh pasca Hari Raya Idul Fitri 2022, arus lalu lintas di Jalur Pantura Tuban tampak ramai lancar. Dari pantauan blokTuban.com di jalur pantura pada Minggu (8/5/2022) tidak terjadi penumpukan kendaraan di beberapa titik yang diduga akan mengalami kemacetan. 

Salah satu pemudik asal Jawa Tengah yang hendak balik ke Surabaya saat ditemui mengatakan jika ia memilih mudik lebih awal karena menghindari kemacetan yang ia prediksi akan terjadi pada esok hari, mengingat besok adalah hari trakhir libur panjang lebaran 2022. 

“Alhamdulillah selama perjalanan sangat lancar, meskipun jalan lebih ramai tapi saya bersyukur karena tidak macet, karena saya memang sengaja mudik lebih awal untuk menghindari macet,” tutur Irawan kepada blokTuban.com, Sabtu (7/5/2022). 

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Tuban IPTU Sampir Santoso mengatakan jika hari ini di Jalur Pantura Kabupaten Tuban sudah mulai mengalami peningkatan volume kendaraan yang melintas, baik kendaraan R2 maupun R4. 

“Mengalami kenaikan kurang lebih 30 persen memasuki puncak arus balik mbak,” terang IPTU Sampir Santoso saat dikonfirmasi oleh blokTuban.

Adapun puncak arus balik lebaran 2022, lanjutnya jika diprediksi akan terjadi pada malam dini hari. “Mungkin puncak arus mudik akan terjadi hari ini,” imbuhnya. 

Kendati hingga saat ini kondisi lalu lintas lasih terbilang longgar, IPTU Sampir tetap mengimbau agar pengendara tidak memaksakan perjalanan jika merasa ngantuk ataupun lelah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. [Sav/Ali]