20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ratusan Pasangan Menikah di Satu Tanggal yang Sama, Ini yang Dilakukan Kemenag

bloktuban.com | Wednesday, 27 April 2022 11:00

Ratusan Pasangan Menikah di Satu Tanggal yang Sama, Ini yang Dilakukan Kemenag MENIKAH : Ratusan Pasangan Memilih Tanggal 29 Ramadan untuk Menikah (foto : kemenag)

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com -  Malam 29 Ramadan atau Malem Songo bagi warga Jawa adalah hari baik untuk melangsung pernikahan. Karena itu, banyak pasangan memilih menikah di tanggal tersebut.

Hal itu membuat Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban agak kewalahan. Betapa tidak, data yang masuk per Senin 25 April lalu, sudah 392 pasangan yang mendaftar menikah di tanggal itu. 

Pasangan tersebut menyebar di 20 kecamatan yang ada di Tuban. Kecamatan dengan jumlah pasangan yang akan menikah terbanyak adalah Soko dengan 51 pasangan. Sedangkan Kecamatan Kenduruan dan Bancar paling sedikit, yakni 3 dan 4 pasangan.

Demi lancar dan suksesnya pernikahan di Malem Songo itu, Kemenag Tuban akan menerjunkan 34 penghulu. Hal itu diungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir, Rabu, (27/04/2022), usai mengisi materi bimbingan perkawinan bagi calon pengantin di Kecamatan Kerek. 

"Seluruh Penghulu kita terjunkan, sesuai wilayah kerja masing-masing," ujarya.

Malam Songo atau 29 Ramadan bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 30 April 2022 nanti. Malam yang dianggap istimewa oleh sebagian masyarakat Kabupaten Tuban sehingga dijadikan tradisi untuk melangsungkan pernikahan.

"Dipilihnya Malam Songo karena dianggap memiliki banyak keberkahan sehingga dalam satu malam terdapat 391 pasang pengantin yang melepas lajang," jelasnya.

Menurut pria asal Bojonegoro ini, ada beberapa alasan mengapa nikah di Malam Songo. Pertama, Malam Songo dianggap malam istimewa. 

"Artinya mereka akan tetap melangsungkan pernikahan meski secara hitungan Jawa ada weton dan nogo-dino tidak baik. Karena bagi mereka Malam Songo tidak pakai hitungan," ulasnya. 

Kedua, di Malam Songo banyak keluarga pengantin yang sudah mudik dan berkumpul, sehingga mereka sangat senang saat pernikahannya bisa disaksikan banyak keluarga. 

"Ketiga, mereka nikah di Malam Songo dengan harapan pernikahannya mendapat keberkahan dan kemuliaan bulan Ramadan," bebernya.

Nikah pada Malam Songo di Kabupaten Tuban, menurut Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari, terbesar jumlahnya dari kecamatan Soko, sejumlah 52 pasang dan terkecil Kecamatan Kenduruan ada 3 pasang calon pengantin.

"Pernikahan Malam Songo terbanyak didominasi daerah Tuban selatan, yang meliputi wilayah Soko, Rengel, Plumpang, Widang dan Semanding," katanya.

Pria berperawakan tinggi besar ini menyebutkan jumlah nikah Malam Songo  di tiap kecamatan. Yakni Kecamatan Plumpang 44, Kerek 17, Bangilan 10, Palang 24, Rengel 43, Jatirogo 10, Montong 11, Tambakboyo 9, Senori 11, Bancar 4, Jenu 20, Widang 31, Grabagan 14, Semanding 30, Parengan 16, Singgahan 9, Soko 52, Merakurak 14, Tuban 20 dan Kenduruan 3 pasang.

"Jumlah nikah malam songo tersebut kita update per Senin 25 April 2022," ujarnya.

Kementerian Agama juga getol membekali calon pengantin tersebut dengan pelatihan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin di beberapa titik.[ono]

 

Tag : menikah, calon pengantin, kemenag tuban, malem songo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat