17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mendekati Malem Songo, Pengrajin Mahar Mulai Banjir Orderan

bloktuban.com | Wednesday, 20 April 2022 14:00

Mendekati Malem Songo, Pengrajin Mahar Mulai Banjir Orderan Pemahar dari Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Kiswati (36). (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Bulan Ramadan 1443 H memberikan berkah kepada semua kalangan. Mulai dari penjual makanan, pakaian, alat ibadah, bahkan pengrajin mahar juga ikut serta merasakan. 

Menjelang akhir bulan Ramadan banyak pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di akhir bulan, tepatnya 28 ramadhan atau lebih familiar disebut dengan malem songo.

Salah seorang pemahar dari Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Kiswati (36) menyampaikan bahwa saat ini banyak para calon pengantin yang memesan mahar untuk melangsungkan pernikahan pada malem songo. 

“Setiap tahun dapat dipastikan, pada bulan-bulan menikah seperti bulan Rajab, Syawal, Bulan Haji atau Dzulhijjah pasti pesanan mahar meningkat, tapi malem songo itu pasti lebih banyak pesanan mahar yang bersamaan, jadi jauh-jauh hari sudah harus pesan” ucap Kiswati (36) kepada blokTuban.com, Rabu (20/04/2022).

Usaha yang dia tekuni sudah terhitung lama, dimulai pada tahun 2008 hingga saat ini, tentu model mahar seiring perkembangan zaman berubah-ubah. Tangan kreatif Kiswati tak hanya membuat mahar, namun juga melayani pemesanan seserahan, souvenir, craft bunga, kain flanel, membuat bros dan pernak pernik lainnya.

“Awalnya saya membuat mahar itu untuk saya gunakan dipernikahan saya sendiri, karena hasilnya bagus akhirnya tetangga banyak yang tertarik” ucapnya.

Untuk bahan-bahan yang digunakan tidak semua beli, jika menggunakan bahan-bahan rustic, Kiswati biasanya membuatnya sendiri dengan memanfaatkan apa yang ada dilingkungan sekitar seperti kayu, bunga, rumput dipersawahan dan daun yang dikeringkan. 

Saat ini mahar berbahan rustic lebih diminati karena menghadirkan nuansa alam yang tampak estetis. Namun untuk konsep hantaran yang lainnya menggunakan bunga palsu tetapi tetap dikemas dengan cantik.

Mendekati malem songo, setiap harinya ia mampu menyelesaiakan dua hingga tiga pesanan sesuai dengan kerumitan mahar yang dipesan. Untuk harga mahar figura fiber dan bahan biasa kisaran Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000 berbeda dengan mahar akrilik dibandrol seharga Rp 800.000 hingga Rp. 1.000.000 tergantung mahar yang dipesan.

Berawal dari autodidak hingga saat ini sudah terdapat paguyuban pemahar Tuban, ternyata usaha yang Kiswati lakukan membuahkan hasil. Dengan omset yang lumayan, Kiswati menerima orderan dan menjual hasil karyanya secara offline dan online. 

Orderan mahar miliknya sudah mulai menyebar diberbagai kecamatan daerah Tuban, seperti daerah Tuban Kota, Jenu, Merakurak, Singgahan, Senori, Bangilan, Jatirogo dan hampir seluruh daerah didalam Kabupaten Tuban. [Lina/Ali]

 

Tag : mahar, wali songo, pengantin, banjir orderan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat