Pentingnya Cek Intalasi Listrik Agar Tak Seperti Ruko Milik Warga Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Warga Tuban yang berada di Jalan Pramuka, pada Sabtu (23/4/2022) pukul 21.17 WIB, sempat dihebohkan oleh kobaran api yang berada di atas rumah toko (ruko) yang dimiliki oleh Malik (48). 

Munculnya percikan api tersebut, diduga karena konsleting listrik yang mengakibatkan kabel PLN terbakar. Beruntungnya, dalam kejadian itu tidak sampai membakar habis ruko sembako yang berada tepat di bawah aliran listrik tersebut. Kendati demikian, kejadian ini sempat membuat warga serta pengguna jalan lainnya panik. 

Menurut Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban, Gunadi setelah pihaknya mendapatkan laporan terkait insident kebakaran anggotanya langsung datang ke lokasi kejadian dengan mengerahkan dua unit mobil Damkar untuk bersiaga di lokasi setempat. 

“Tidak sampai membakar rumah, baru konsleting kabel di atas rumah yang keluar apinya. Sebagai antisipasi di daerah padat penduduk kita mengerahkan dua mobil Damkar,” terangnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com. 

Dalam kejadian kebakaran ini, lanjut Gunadi jika petugas membutuhkan waktu sekitar 27 menit untuk mengatasi permasalahan tersebut bersama dengan petugas PLN yang datang ke lokasi guna memperbaiki kabel listrik yang terbakar, sehingga tepat pukul 21.44 kebakaran telah dapat diatasi.  

Lebih lanjut, kendati tidak ada korban jiwa serta tidak menimbulkan kerugian materil dalam insident ini, Gunadi tetap mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan mengecek peralatan yang memiliki potensi kebakaran pada malam hari sebelum istirahat. 

“Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat agar selalu waspada dan mengecek lingkungan rumah, dan peralatan yang berpotensi menimbulkan kebakaran sebelum ditinggal istirahat,” paparnya.

Sekedar diketahui, akibat adanya konsleting listrik ini lampu disekitar lokasi kejadian padam untuk beberapa saat. [Sav/Ali]