Bukan Narkoba, BNNK Temukan Benda Ini di Blok Lapas Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama bulan Ramadan 1443 H, Lapas Kelas IIB Tuban tetap siaga menjaga kondusifitas area kerjanya di Jalan Veteran Tuban. Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, Lapas melakukan penggeledahan di blok hunian Napi pada Kamis (21/4) menjelang buka puasa. 

Hasilnya, petugas BNNK dan Lapas tidak menemukan narkoba sebagai target operasi utama pemeriksaan. Benda-benda lain dan masuk kategori tajam justru didapatkan petugas dari lemari Napi. 

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana, meminta satu kamar narkoba lagi untuk digeledah karena merasa kurang puas. Hasilnya tidak ditemukan barang terlarang (Narkoba) di dalam kamar hunian Lapas Tuban.

“Karena saya rasa kurang puas, saya minta satu kamar lagi. Alhamdulillah tidak ada barang terlarang seperti narkoba yang ditemukan di dalam kamar hunian,” kata Made.

Dari hasil penggeledahan ditemukan barang terlarang di Lapas seperti kartu remi, sendok logam, cutter dan lain sebagainya. Selanjutnya akan diinventarisir dan dilaksanakan pemusnahan. 

Sedangkan, Kepala Lapas Tuban, Siswarno, mengingatkan kepada jajarannya untuk mengedepankan humanisme dalam melaksanakan penggeledahan serta tidak menyinggung perasaan warga binaan.

“Utamakan sopan santun dan humanisme, jangan sampai menyinggung perasaan warga binaan,” pesan Kalapas.

Pria asal Mrutuk, Kecamatan Widang menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022 yang dilaksanakan bersama dengan BNNK Tuban. 

Dalam kegiatan penggeledahan tersebut disamping menggeledah kamar hunian juga melaksanakan sosialisasi kepada WBP yang dikeluarkan dari kamarnya tentang P4GN serta Hak dan kewajiban mereka. [Ali]