11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Omzet Bisnis Mahasiswa Tuban di Bulan Ramadan Turun

bloktuban.com | Monday, 11 April 2022 09:00

Omzet Bisnis Mahasiswa Tuban di Bulan Ramadan Turun Persaingan bisnis makanan untuk menu buka puasa cukup tinggi di Tuban. (Foto:Suci/blokTuban.com)

Reporter : Suci Dewi Setiani

blokTuban.com - Banyaknya penjual takjil di bulan Ramadan, seorang mahasiswi bernama Dewi Kurnia yang masih kuliah dan sambil berjualan di Lapangan Watu Gajah, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami kemerosotan omzet dibanding dengan hari biasanya.

Perempuan asal Kelurahan Gedongombo, Semanding itu berjualan dengan orang tuanya. Setiap harinya jika pembeli ramai, ia mendapat penghasilan antara Rp1.000.000, sebaliknya di hari sepi berkisar Rp.50.000 - Rp. 100.000. 

Meskipun jenis jajanan yang dijualnya mempunyai banyak variasi, namun belum mampu mendongkrak minat pembeli. Jajanan yang dijual di Pasar Takjil Desa Wali itu mulai dari jajanan Hot Dog, kebab, sosis bakar, pentol bakar, kebab, es jeruk, dan es campur.

"Untuk tahun ini, omzet yang didapat lebih banyak di hari biasa dibandingkan hari puasa. Mungkin karena banyaknya pesaing yang berjualan sama," Ucap Dewi kepada blokTuban.com, Senin (11/4/2022).

Meskipun dibarengi dengan kuliah dan tugasnya yang banyak, ia tetap bisa membagi waktunya berkerja dengan kuliah. Selain itu, ia juga berusaha mengembangkan bisnisnya dengan mempromosikan di media sosial. Oleh karena itu, semangat dan kegigihannya dalam berkerja patut ditiru. 

"Manfaatkanlah umur sebaik mungkin dan carilah peluang dalam berbisnis sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan bekal dimasa tua kelak," imbuhnya. 

Diketahui, Pasar Takjil di Lapangan Watu Gajah biasa dimulai pukul 16.00 Wib sampai selesai. Selain dapat berkeliling memilah makanan dan minuman, pengunjung juga dapat menikmati senja dan watu gajah yang berada di barat lapangan. 

"Selama Ramadan Pasar Takjil tetap buka. Sebagai momentum bangkitnya ekonomi di Desa Bejagung," kata Kepala Desa Bejagung, Aang Sutan.

Aang melanjutkan, PKL yang memadati Lapangan Watu Gajah 60 persen warga lokal dan 40 persennya PKL dari beberapa desa tetangga yang sengaja diundang untuk ikut mendapatkan berkah Ramadan. 

Selain itu, dari 62 PKL yang mendaftar baru sekitar 42 PKL yang membuka lapaknya. Untuk yang lainnya, diprediksi masih melihat produk apa yang paling laris. 

"Kami dari Pemdes berharap geliat UMKM tidak hanya saat bulan Ramadan, tapi juga berlangsung terus di sekitar Makam Sunan Bejagung," imbuhnya. 

Dengan begitu, lanjut Aang Bejagung yang berjuluk Desa Wali mengharapkan pengelolaan PKL atau UMKMnya menyerupai di Makam Sunan Bonang maupun Asmoroqondi. [Suci/Ali]

 

Tag : Omzet turun, bisnis mahasiswa Tuban, Pasar Takjil, Lapangan Watu Gajah, Desa Bejagung, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat