20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Serunya Ngabuburit di Watu Gajah Tuban, Ada Pasar Takjil Selama Ramadan

bloktuban.com | Monday, 04 April 2022 08:00

Serunya Ngabuburit di Watu Gajah Tuban, Ada Pasar Takjil Selama Ramadan Pasar Takjil di Lapangan Watu Gajah Desa Bejagung, Kecamatan Semanding dipadati pengunjung yang ingin Ngabuburit. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Nama Watu Gajah tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Kabupaten Tuban dan sekitarnya. Letaknya di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding sangat cocok menjadi lokasi ngabuburit. 

Selama bulan Ramadan 1443 Hijriyah, ada Pasar Takjil di Lapangan Watu Gajah yang juga dekat dengan Jalur Ring Road, Senin (4/4/2022). 

Pengunjung yang ingin datang tidak perlu khwatir untuk memilah menu buka puasa. Di sana ada 62 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang siap menjamu orang-orang yang sedang ngabuburit. 

Pasar Takjil di Lapangan Watu Gajah biasa dimulai pukul 16.00 Wib sampai selesai. Selain dapat berkeliling memilah makanan dan minuman, pengunjung juga dapat menikmati senja dan watu gajah yang berada di barat lapangan. 

"Selama Ramadan Pasar Takjil tetap buka. Sebagai momentum bangkitnya ekonomi di Desa Bejagung," kata Kepala Desa Bejagung, Aang Sutan kepada blokTuban.com. 

Aang melanjutkan, PKL yang memadati Lapangan Watu Gajah 60 persen warga lokal dan 40 persennya PKL dari beberapa desa tetangga yang sengaja diundang untuk ikut mendapatkan berkah Ramadan. 

Selain itu, dari 62 PKL yang mendaftar baru sekitar 42 PKL yang membuka lapaknya. Untuk yang lainnya, diprediksi masih melihat produk apa yang paling laris. 

"Kami dari Pemdes berharap geliat UMKM tidak hanya saat bulan Ramadan, tapi juga berlangsung terus di sekitar Makam Sunan Bejagung," imbuhnya. 

Dengan begitu, lanjut Aang Bejagung yang berjuluk Desa Wali mengharapkan pengelolaan PKL atau UMKMnya menyerupai di Makam Sunan Bonang maupun Asmoroqondi. 

Sebatas diketahui, Watu Gajah adalah sekumpulan batu yang menyerupai gajah. Cerita yang berkembang di masyarakat setempat, Watu Gajah adalah pasukan gajah Majapahit yang disabda oleh Sunan Bejagung menjadi batu.

Ridwan, salah satu warga asli Desa Bejagung yang juga menjadi pegawai Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Kabupaten Tuban mengatakan, dahulu batu-batu tersebut sangat mirip dengan gajah, sedikit berbeda dengan yang ada saat ini.

Situs Watu Gajah sendiri tidak termasuk ke dalam BPCB, namun Ridwan menjelaskan bahwa Watu Gajah akan dikembangkan oleh Pemerintah Desa Bejagung sebagai kawasan wisata. [Ali]

 

 

 

Tag : Ngabuburit di Tuban, Situs Watu gajah, Pasar Takjil, Desa Bejagung, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat