23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung

bloktuban.com | Friday, 26 November 2021 18:00

Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung Kegiatan ritual Dawetan di Desa Bejagung. (Foto: bloktuban.com/Ali Imron)

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Ajakan vaksinasi bukan hanya dilakukan ketika kegiatan formal. Justru lebih efektif ketika ajakan hidup sehat dan ikhtiar melawan Covid-19 disampaikan dalam sebuah tradisi.

Seperti tradisi dawetan di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban pada Jumat (26/11/2021) pukul 13.00 Wib, dimana Kepala Desa Aang Sutang juga mengkampanyekan pentingnya vaksinasi.

"Istilahnya iras irus, sekali dayung dua tujuan tercapai," ujar Kades Aang kepada blokTuban.com.

Dalam kegiatan kearifan lokal tersebut, Aang sengaja menyandingkan dengan kampanye vaksin. Antusiasme warga yang hadir akhirnya paham, bahwa vaksin, memakai masker dan protokol kesehatan lainnya harus terus dilakukan.

Dalam kampanye juga ada dialog-dialog santai, dan Kades berkesempatan menanyai warganya satu persatu siapa yang belum vaksin. Bila semua warga Bejagung telah divaksin, tentu membahagiakan pada akhirnya.

"Vaksin di Desa Bejagung hampir 85 persen dan terbanyak melakukan vaksin di Tuban sebanyak 24 kali. Untuk desa lain rata-rata baru 12 kali vaksinasi," katanya.

Vaksinasi di Kabupaten Tuban saat ini masih di bawah 60 persen, sehingga masih berstatus PPKM Level 3. Harapan Pemerintah Kabupaten Tuban vaksinasi terus dikejar supaya statusnya bisa ke level 2 atau 1.

Seiring dengan capaian vaksinasi Kabupaten Tuban baru mencapai 54 persen untuk umum dan 33 persen untuk lansia, Bupati Tuban, Aditya Halindra faridzky berharap adanya kolaborasi. Antara Pemkab dengan TNI / Polri, Pemdes, serta tenaga kesehatan dalam serbuan vaksin kali ini, dapat memberi lompatan penambahan angka vaksinasi, utamanya vaksinasi untuk Lansia.

Kejar target vaksinasi di Tuban dibuktikan dengan penyuntikan 115 ribu dosis vaksin untuk warga Tuban. Rinciannya 15 ribu dari Pemkab, 50 ribu dari TNI, dan 50 Ribu dari Polri, dengan target capaian vaksinasi 70 persen untuk umum dan 60 persen untuk Lansia dosis pertama. [ali/col]

 

Tag : Dawet, ritual , Vaksinasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat