Lurah Gedongombo Targetkan 18.000 Warganya Tervaksin

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Percepatan vaksinasi Covid-19 agar tercapainya Herd Imunity terus dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dengan jumlah warga yang tergolong banyak dibandingkan kelurahan yang lain, Pemerintah Kelurahan bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Puskesmas setempat terus melaksanakan kegiatan vaksinasi dengan cara door to door.

Disamping itu, pemerintah kelurahan juga terus melaksanakan kegiatan vaksinasi di Balai Kelurahan, dengan jumlah dosis vaksin yang disediakan antara 50-100 dosis setiap hari.

"Pelaksanaan vaksinasi kita buka di Balai Kelurahan, kemudian kita lakukan door to door ke wilayah lingkungan dengan jadwal 3-4 kali dalam seminggu," kata Lurah Gedongombo, Achzar Pradiska Setia Putra, Kamis (3/2/2022).

Dia menambahkan, hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Gedongombo dosis 1 dan 2 secara manual sudah hampir 90 persen. Sedangkan data di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban sekitar 80 persen.

Adapun untuk kendala vaksinasi Covid-19 sejauh ini tidak ada kendala, hanya saja terkait dengan penginputan data seperti saat door to door, tapi dalam penginputan data ada beberapa yang tidak bisa diinput.

"Saya berpesan kepada masyarakat, bahwa vaksinasi Booster ini merupakan vaksinasi ulang yang mana ini untuk meningkatkan imunitas. Karena saat ini ada varian Omicron dan alangkah baiknya kita berperan aktif agar masyarakat bisa di vaksin Booster," pungkas Achzar.

Diketahui, Kelurahan Gedongombo memiliki lima lingkungan dengan jumlah warganya sekitar 25.000 orang, sedangkan jumlah warga yang layak di vaksin sekitar 18.000 orang. [hud/Ali]