Tenda Safari Ramadan Roboh Diterjang Angin Kencang, Bupati Tuban Sindir Camat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Insiden tenda Safari Ramadan 1443 Hijriyah Bupati Tuban roboh terjadi setelah diterjang angin kencang terjadi di kawasan GOR Rangga Jaya Anoraga pada Jumat (8/4/2022). Beruntung dalam insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. 

Tenda yang roboh terletak di sebelah barat dari Pendopo Pujasera, yang merupakan tempat duduk ibu-ibu peserta Safari Ramadan Bupati Tuban. Kesaksian warga yang berada di lokasi, angin datang dengan kencang dan mengangkat tenda hingga roboh

"Tidak ada tanda apa-apa, angin tiba-tiba datang dan merobohkan tenda. Kejadiannya hampir pukul 16.00 Wib," ujar salah satu pedagang di GOR Tuban, Khoiriyah kepada blokTuban.com. 

Ia beruntung, gerobak jualannya tidak ikut terbawa angin karena berada persis di sebelah tenda yang roboh. Ia juga mengatakan, tidak ada yang terluka karena saat roboh peserta safari langsung geser ke Pujasera. 

Untuk mengantisipasi insiden susulan, tenda yang roboh langsung di diikat dengan tali tampar dengan pohon terdekat oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Nampak Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji dan Kepala Dinas PUPR dan PRKP, Agung Supriyadi mengkoordinir evakuasi tenda Safari Ramadan. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra menyikapi insiden tenda roboh langsung menyindir Camat Tuban. Selain itu, Bupati menganggap peristiwa tersebut sebagai berkah karena dapat lebih dekat dengan warga. 

"Niat Safari Ramadan ini untuk silaturahim, adanya angin tak menjadi penghalang acara," sambung Bupati Halindra dalam sambutannya. 

Pada kesempatan itu, Bupati menilai bahwa persiapan tenda kurang diperkuat oleh panitia. Kejadian tersebut diharapkan menjadi evaluasi untuk kegiatan selanjutnya. 

"Camat Kota tenang ini masih puasa, nanti pas buka beda cerita," kata Bupati mengawali candaannya. 

Diketahui, acara Safari Ramadan di Kecamatan Tuban diikuti kurang lebih 400 peserta. Mulai dari Forkopimda, pimpinan OPD, pimpinan BUMD, Forkopimca Tuban, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat di Kecamatan Tuban. Sebelumnya di hari yang sama, Bupati Safari Ramadan di Kecamatan Palang. [Ali]