18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mas Bupati Tuban Minta Krya Seni Dipatenkan

bloktuban.com | Friday, 25 February 2022 10:00

Mas Bupati Tuban Minta Krya Seni Dipatenkan

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE berkunjung ke Desa Wisata Budaya, Desa Sukorejo Kecamatan Parengan. Dalam kunjungannya, Bupati disuguhi seni pencak dor dan kesenian wayang. Selain itu, dirangkai dengan penyerahan bantuan rantangan bagi lansia yang kurang mampu. 

Mas Bupati, sapaan akrabnnya sempat berdialog dengan seniman, budayawan, dan warga desa setempat terkait pengembangan Desa Sukorejo. Hadir pula jajaran pimpinan OPD terkait, Camat dan Forkopimka Parengan.

Bupati mendorong pegiat seni budaya di Kabupaten Tuban agar mendata kekayaan budaya yang ada. Selain itu, setiap karya harus dipatenkan sebagai hasil kekayaan intelektual, yang pada akhirnya akan menjadi royalti bagi pencetus hasil tersebut.

"Langkah tersebut sebagai bentuk pelestarian seni budaya agar tidak diklaim oleh pihak yang tidak bertanggungjawab," ujarnya.

Pelestarian budaya hendaknya, kata dia, dilakukan secara terus-menerus dari generasi ke generasi.  Tidak hanya itu, seniman dan budayawan diharapkan mampu mengajarkan seni dan budaya di lembaga pendidikan mulai dari SD hingga SLTA.

 Pendidikan berbasis budaya akan menjadi pondasi dasar karakter masyarakat kabupaten Tuban, sekaligus Sebagai filter derasnya budaya asing yang tidak sesuai dengan keluhuran pekerti.

Mas Bupati menyatakan Pemkab Tuban berkomitmen menyediakan infrastruktur dalam berkesenian. Kedepannya, tiap desa di kabupaten Tuban akan dikembangkan fokus sesuai potensi masing-masing. 

"Jika memang warga desa Sukorejo berkomitmen menjadi desa wisata budaya mari kita wujudkan bersama-sama. Harus benar-benar dikonsep, ditata, konkrit dan berkesinambungan," pesannya.

Saat ini, tiap OPD kabupaten Tuban diberi tanggungjawab agar memiliki desa binaan agar mampu memunculkan potensi dan kearifan lokal. Peranan OPD menjadi pembina, pendamping bagi masyarakat di desa binaan. 

"Menjadi bapak atau ibu asuh bagi warga desa binaan," sambungnya.

 Hal tersebut selaras dengan program One Village, One Product yang mampu menghasilkan nilai ekonomi bagi warga desa. Pengembangan desa binaan akan didukung dengan infrastruktur yang memadai, seperti akses jalan lebar, stand UMKM, dan peta lokasi desa.[ono]

 

Tag : bupati, mas bupati, seni, budaya, desa wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat