Hindari Rekaman CCTV Masjid Sugihwaras, Pencuri Gasak Isi Kotak Amal Rp250 Ribu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pengurus masjid di Kabupaten Tuban perlu meningkatkan kewaspadaannya, untuk segera mengosongkan isi kotak amalnya karena aksi pencurian kotak amal kembali terjadi di Masjid Albayinah Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Rabu (6/4/2022) pagi. 

Pencurian tersebut dilaporkan oleh takmir masjid bernama Mochamad Cholil kepada Polsek Jenu. Di lokasi, hanya tersisa kotak amal dengan gembok bekas dan obeng besar milik pelaku. Dilaporkan isi kotak amal yang digasak pencuri sebesar Rp250.000. 

Kapolsek Jenu, AKP Gunawan Wibisono mengatakan, berdasarkan keterangan pelapor dan saksi pencurian diperkirakan terjadi pukul 05.30 Wib. Salah seorang saksi bernama Parlin, menceritakan  saat akan pulang dari masjid setelah solat melihat ada 2 orang yang sedang tidur di teras depan masjid.

Kedua orang mencurigakan itu identitasnya tidak dikenal, dan bukan warga Sugihwaras atau sekitarnya. Selanjutnya sekira pukul 07.00 Wib, saksi lain Mukri yang bertugas sebagai tukang kebersihan datang ke masjid untuk bekerja.

"Dia melihat kotak amal tidak seperti biasa berpindah tempat di dalam masjid. Setelah dicek ternyata gembok kunci kotak amal sudah terbuka/bekas congkelan," terang Kapolsek Gunawan dalam laporannya kepada blokTuban.com.  

Mantan Kapolsek Bangilan itu menambahkan, pelaku juga memadamkan listrik dalam masjid. Tujuannya untuk menghindari rekaman CCTV yang ada di dalam dan sekitar masjid. 

"Kami himbau untuk seluruh pengurus dan takmir masjid untuk meningkatkan kewaspadanya khususnya di bulan Ramadan," pesannya. [Ali]